Berangsur Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah dari Endapan Lumpur

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Banjir yang dirasakan warga selama tiga pekan di Jalan Pramuka, Kompleks Satelit Permai, Kelurahan Sungai Lulut berangsur surut. Mereka pun mulai membersihkan endapan lumpur yang menempel di dalam rumah.

Seorang warga membersihkan rumahnya dari endapan lumpur banjir

Aksi bersih-bersih ini dilakukan setelah mereka memilih mengungsi di rumah kerabat ataupun di posko. Tak sedikit perabotan rumah yang rusak dibuang oleh warga akibat banjir setinggi selutut kaki orang dewasa yang mencapai 40 cm.


“Hari ini mulai bersih-bersih rumah, lumpur juga sudah kita siram. Mengingat genangan air di rumah sudah menyusut,” ucap Rahmawati sembari membersihkan rumahnya yang penuh lumpur.


Kendati demikian, Rahmawati memastikan rumahnya belum bisa ditempati untuk sementara waktu, lantaran aroma tak sedap masih menyengat di rumahnya.


“Kemungkinan minggu depan baru kita tempati. Kita membersihkan secara bertahap dulu. Sementara ini kita memilih tetap menginap di rumah orangtua,” ujarnya.


Tak hanya itu, endapan lumpur akibat genangan banjir masih mengotori permukiman warga, hingga menyebabkan jalan menjadi licin.


(Ri)

11 tampilan0 komentar