• Krisna

Berangkatkan Satu Atlet PON, Cabor Muaythai Berhasil Lolos Ke Fase Final

terasbanua.com, Papua - Kabar gembira datang dari Abdul Rozak satu satunya atlet dari cabang olahraga (Cabor) Muaythai asal Kalimantan Selatan yang mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Abdul Rozak bersama Pelatih Muaythai Kalsel Gunawan saat bertanding di PON XX. Foto: @bir.sportography (istimewa)

Dengan kompetitiornya DKI Jakarta, Papua, serta Jawa Timur, Abdul Rozak diberikan waktu selama lima menit menggerakan seni Waikru.


Rozak dengan lincah menampilkan gerakan belalai gajah, burung merak, hingga hanuman dan perjuangan Rozak yang bertanding dengan lihai di Nomor Perorangan Putra Seni Waikru terbayar dengan berhasil lolos ke fase final.


Rozak mengatakan dia sangat bersyukur dapat masuk ke empat besar yang akan bertanding lagi di fase final pada 3 Oktober 2021 nanti.


"Alhamdulillah lega, walaupun tidak menyangka bisa lolos ke babak final, tadi mainnya sistem ranking dari 11 provinsi dipilih 4 terbaik yang akan main di partai final tgl 3 oktober nanti," ucap Rozak. Selasa (28/9/2021).


Rozak juga mengatakan bahwa dirinya tidak akan cepat puas, justru dengan kesempatan yang berhasil diraih ini dia akan mempersiapkan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya.


"Dengan mendapatkan kesempatan ini, insyallah kami akan lebih memaksimalkan lagi mulai dari ketepatan waktu, kemantapan gerak, dan kemantapan ekspresi," terang Rozak.


"Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Kalsel, mudahan di partai babak selanjutnya bisa memperoleh hasil yang sempurna," lanjutnya.


Senada dengan yang diucapkan Rozak, rasa syukur juga diungkapkan oleh sang Pelatih Cabor Muaythai Kalsel, Gunawan, ia merasa bangga dengan hasil yang saat ini berhasil didapat oleh anak asuhnya tersebut.


"Alhamdulillah sesuai dengan harapan tentunya sangat bangga dan bahagia Rozak bisa masuk final," tutur Pelatih Cabor Muaythai Kalsel.


Ia mengungkapkan untuk mencapai hal tersebut sebelumnya sudah dilakukan pembinaan yang ketat untuk mempersiapkan Rozak menghadapi PON XX.


"Untuk persiapan, kami sama melakukan latihan ketat seperti atlet yang lain. Tentunya pertama fisik, mental dan kemantapan gerakan yang akan dipertandingkan," ungkapnya.


Selanjutnya Gunawan pun akan mengevaluasi gerakan Rozak agar selanjutnya dapat tampil lebih maksimal dari sebelumnya.


"Untuk evaluasi dari segi gerakan mungkin perlu memperhatikan interval gerakannya sehingga tidak terlalu terburu buru di dlm menyelesaikan gerakan demi gerakan, karna durasi sangat mempengaruhi penilaian," jelas Gunawan.


Ia juga berharap di babak final nanti pihaknya dapat menampilkan performa yang terbaik sehingga dapat memberikan hasil yang lebih maksimal lagi.


"Mohon dukungan dan doanya mudah mudahan kami bisa meraih prestasi, sehingga bisa kembali dengan membawa harapan bahwa kalimantan selatan juga mampu bersaing dengan provinsi lain dalam bidang olahraga khususnya Muaythai," pungkasnya.


(Krisna)

59 tampilan0 komentar