Belum Melunasi Tunggakan Pajak, 11 Titik Wajib Pajak Dipasang Spanduk Peringatan

terasbanua.com, Banjarmasin - Tidak mengindahkan surat peringatan usai menunggak pembayaran pajak.



Terpaksa belasan titik wajib bayar pajak. Baik itu, reklame, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), maupun hotel dipasang stiker atau spanduk sebagai penanda telah menunggak bayar pajak.


"Ini sebagai sanksi sosial saja karena yang bersangkutan masih belum bayar pajak," ucap Kepala Bidang (Kabid), Penagihan Pajak, Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Kota Banjarmasin, Ashadi Himawan, Selasa (6/9/2022) kemarin.


Ada sekitar 11 titik wajib pajak yang belum melunasi tunggakan dan tersebar di beberapa wilayah diantaranya kawasan Sungai Banjarmasin Utara dan kawasan Sutoyo S Banjarmasin Tengah masing-masing satu reklame.


Sedangkan untuk PBB diantaranya di kawasan Pramuka, sebagian jalan Kolonel Sugiono, dan Pelambuan Banjarmasin Barat.


Ashadi mengungkapkan bahwa sebelum dipasang stiker atau spanduk peringatan tersebut, wajib pajak telah diberikan surat peringatan untuk kedua kalinya agar segera membayar pajaknya.


Adapun untuk tunggakan pembayaran pajak sendiri bervariasi, bervariatif mulai dari dua hingga tiga tahun pembayaran pajak.


"Agar menjadi warning bagi wajib pajak untuk bisa menyelesaikan tunggakannya," imbuhnya.


Namun lanjutnya, apabila wajin pajak telah membayar tunggakan. Maka stiker atau spanduk peringatan yang dipasang akan segera dilepas kembali.


Di samping itu, diakuinya sudah ada empat wajib pajak yang telah melunasi tunggakan pajak yang sebelumnya belum dibayar.


Tentunya ia sangat berharap dari kesadaran wajib pajak itu sendiri agar taat membayarkan pajak dengan rutin.


"Ini juga membantu peningkatan mutu pelayanan masyarakat," pungkasnya.


Hamdiah

3 tampilan0 komentar