Belum Kantongi Izin BPOM, Vaksin Covid-19 Belum Boleh Disuntikkan

TERAS BANUA, BANJARBARU - Vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Banua dengan penjagaan ketat ratusan personel aparat keamanan TNI - Polri. Dari jatah 54 ribu, Kalsel tercatat hanya menerima 25 ribu vaksin ditahap pertama. Sementara sisanya menyusul ditahap kedua.

Vaksin Covid-19 tiba di Kargo Bandara Syamsudin Noor
Vaksin Covid-19 tiba di Kargo Bandara Syamsudin Noor

Meski sudah diterima, vaksin Covid-19 yang saat ini tersimpan di lingkungan Gedung Instalasi Farmasi milik Pemprov Kalsel ini belum boleh disuntikkan. Sebab, menurut Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito, masih belum mengantongi izin penggunaan darurat atau EUA.


"EUA masih berproses, tapi vaksin sudah diberikan izin khusus untuk didistribusikan karena membutuhkan waktu untuk sampai ke seluruh daerah target di Indonesia," kata Penny


Diketahui, proses penyuntikan vaksin Covid-19 hanya boleh dilakukan jika sudah mendapatkan EUA. BPOM pun saat ini masih terus mengevaluasi uji klinis vaksin Sinovac di Bandung, Jawa Barat. Termasuk mengkaji secara seksama berbagai hal terkait vaksin Covid-19 termasuk data dari berbagai negara mengenai uji klinis vaksin tersebut.


(Ri)

121 tampilan0 komentar