Belum Ada Jadwal Buka Gerai Vaksinasi, Kadinkes Minta Masyarakat Ke Puskesmas Lakukan Booster

terasbanua.com, Banjarmasin - Adanya kebijakan baru mengenai syarat wajib menyertakan kelengkapan vaksin dosis ketiga untuk beraktivitas dan memasuki kawasan fasilitas umum.



Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mengajak seluruh masyarakat untuk segeranya melakukan vaksinasi booster tersebut.


Dalam hal itu, Pemko Banjarmasin juga berencana akan berkoordinasi dengan seluruh Puskesmas di Kota Banjarmasin untuk menghadirkan gerai layanan vaksinasi booster di beberapa tempat umum seperti sebelum-sebelumnya.


Tentunya hal tersebut bertujuan untuk mendekatkan pelayanan vaksinasi di tengah masyarakat dan memudahkan mereka untuk segera mendapatkan booster.


"Sekarang ini mungkin bisa dikoordinasi dengan Puskemas setempat," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina kepada awak media, Kamis (21/7/2022).


Sementara itu, saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan menjelaskan bahwa belum bisa menjadwalkan pelaksanaan gerai layanan vaksinasi di tempat-tempat umum.


Pasalnya, Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sekarang ini terbatas.


"Dari koordinasi itu, saya akui SDM mereka terbatas karena dalam waktu bersamaan ini mereka juga fokus untuk capaian BIAN," ungkapnya melalui sambungan telpon.


Kendati demikian, pihaknya siap memfasilitasi pelaksanaan gerai layanan vaksinasi jika ada instansi dan lainnya yang meminta.


"Kecuali permintaan dan jumlahnya jelas kami akan buka. Karena terus terang membuka satu vial kalau tidak terpakai itu sayang jika terbuang begitu saja," tandasnya.



Dirinya juga berharap dari kesadaran masyarakat sendiri untuk datang ke fasilitas kesehatan yang ada di Kota Banjarmasin untuk melakukan vaksin booster.


"Saya sangat berharap kesadaran masyarakat sendiri datang ke Puskemas atau Rumah Sakit," harapnya.


Ketersediaan vaksin untuk booster berbagai jenis seperti Sinovac, AstraZaneca, Pfizer, dan Moderna di Kota Banjarmasin terbilang aman. Kalau pun kurang pihaknya siap meminta kembali ke Dinkes Provinsi Kalsel.


"Aman terkendali," ujarnya.


Adapun sekarang ini, capaian vaksin booster di Kota Banjarmasin sudah mencapai 24,38 persen. Sedangkan target capaian di atas 70 persen.


"Minimal 70 persen standarnya tapi kami ingin sebanyak-banyak biar resiko terpapar kecil," tutupnya.


Hamdiah

5 tampilan0 komentar