Belasan Mesin Pompa Air Taman Vertikal Raib Dicuri

terasbanua.com, Banjarmasin - Belasan mesin pompa air yang digunakan untuk taman vertikal yang ada di Banjarmasin raib dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar aksi pencurian ini tidak hanya terjadi sekali saja. Namun terjadi berulang kali sejak awal tahun 2021 lalu.


Meski sudah beberapa kali diganti, nyatanya mesin pompa air ini terus mencari incaran pencurian oleh oknum tidak bertanggung jawab tersebut.


"Di Jalan Kolonel Sugiono itu sudah 4 kali ganti, di bawah fly over sudah 3 kali dan di Kayu Tanggi juga sudah berapa kali juga hilang," ungkapnya saat ditemui awak, Kamis (18/11/2021).


Mukhyar mengaku sebelumnya pihaknya juga telah mengantisipasi penempatan mesin pompa air taman vertikal agar sulit dijangkau oknum pencuri. Namun nyatanya tetap saja hilang.


Tentunya dampak dari pencurian tersebut membuat sejumlah taman vertikal mati karena ketergantungan terhadap penyiraman air melalui mesin pompa tersebut.


"Itu yang kami sayangkan," ujarnya.


Keinginan kota Banjarmasin yang indah dan asri pun menjadi sirna karena tingkah laku dari oknum tidak bertanggung jawab yang telah tega mencuri aset Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin tersebut.


Dalam hal ini, tentunya kepedulian masyarakat untuk menjaga dan mengawasi aset milik Pemko Banjarmasin ini. Mengingat pengawasan dari pihak terkait juga tidak bisa serta merta terus bisa dilakukan.


Melihat kondisi ini terus terjadi, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menindaklanjuti oknum pencuri tersebut ke aparat hukum.


"Kita lihat dalam satu dua hari ini kalau harus dilaporkan ya dilaporkan," tegasnya.


Adapun kerugian yang terjadi dalam pencurian mesin pompa air ini mencapai Rp 4 juta lebih. Dimana satu buah mesin pompa air senilai Rp.400 ribu.


Sementara itu, Plt Sekretaris DLH Kota Banjarmasin, Marzuki mengungkapkan bahwa sebelumnya pernah ada oknum pencuri yang kedapatan oleh aparat kepolisian dalam beraksi.


"Kemarin ada kedapatan mengunakan sepeda motor berdua. Mereka sempat dikejar polisi cuman berhasil kabur," terangnya.


Ia menilai aksi pencurian ini dilakukan oleh oknum yang sama dan sudah profesional dalam hal itu.


"Sepertinya memang profesional karena mereka berhasil mencuri terus," tutupnya.


(Hamdiah)

13 tampilan0 komentar