• Krisna

Begini Motif Kasus Pembunuhan Di Basirih Selatan

terasbanua.com, Banjarmasin - Dua pelaku pembunuhan di Lingkar Dalam Selatan Kelurahan Basirih Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan kini berhasil ditangkap oleh polisi.

Para pelaku diketahui bernama Muhammad Ridho (22) alias Amat warga kelurahan basirih selatan kecamatan banjarmasin selatan dan Arbani alias Utuh (28) warga Kecamatan Tabukan Kabupaten Barito Kuala.


Kedua pelaku pembunuhan tersebut ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Pelaku pertama adalah Muhammad Ridho yang ditangkap di Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala, Senin (26/7/2021) pagi.


Sementara itu, pelaku kedua adalah Arbani yang melarikan diri ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (28/7/2021) dini hari. Namun karena sempat melawan saat ditangkap, petugas akhirnya terpaksa harus memberikan hadiah timah panas ke kaki kanan Arbani.


Kapolsek Banjarmasin Selatan Kompol Yopie Andi Haryono menjelaskan berdasarkan hasil interogasi, bahwa kejadian berawal pada bulan april saat pelaku Muhammad Ridho sedang tidur.


Diduga saat itu korban mengambil uang milik Ridho di dalam dompetnya sebesar Rp. 800.000 serta satu buah handphone merk samsung grand prime milik Ridho.


Selain itu, beberapa hari sebelum peristiwa pembunuhan tersebut tersangka Arbani alias Utuh menyuruh korban untuk mengambilkan uang sebesar Rp400.000 upah hasil buruh angkut kayu galam.


Setelah diambilkan oleh korban ternyata uang tersebut tidak diserahkan korban kepada Arbani dan tidak ada penyelesaian mengenai uang tersebut, hingga akhirnya terjadilah pembunuhan tersebut.


"Meski mediasi, namun tidak ada kejelasan penyelesaian terkait masalah uang tersebut. Kedua pelaku yang sudah gelap mata, akhirnya menganiaya korban dengan senjata tajam hingga tewas," terang Kompol Yopie.


Dari kedua pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti antara lain sepeda motor yang digunakan pelaku, mandau, 1 pasang sendal nippon, 1 pasang sendal kulit, 1 dompet warna hitam, 1 lembar baju warna biru hitam, 1 cincin, 1 kalung, 1 korek mancis dan 1 botol parfum.


Atas perbuatannya, kini kedua pelaku diamankan di Mapolsek Banjarmasin Selatan dan terancam hukuman berdasarkan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.


(Krisna)

0 tampilan0 komentar