Beberapa Titik Dilanda Banjir, Pemko Bersiaga dan Imbau Untuk Antisipasi di Lingkungan Masing-masing

terasbanua.com, Banjarmasin - Mulai tergenangnya banjir di beberapa titik lokasi di Banjarmasin membuat Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bersiap siaga.

Ket foto : Kondisi banjir tadi siang, Senin (6/12/2021) terjadi di Jalan Perdagangan, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Terkait hal ini, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi menjelaskan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin di Bidang Sungai.


Tak hanya itu, berbagai upaya pun telah dilakukan Pemko Banjarmasin dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang tidak diinginkan seperti awal tahun lalu.


"BPBD sudah stand by mengenai hal ini. Dari Dinas PUPR pun juga menyiapkan ratusan relawan untuk siap turun membersihkan drainase yang tersumbat," ucapnya ucapnya kepada awak media, Senin (6/12/2021).


Ia juga turut mengimbau warga Kota Banjarmasin untuk melakukan antisipasi di lingkungan masing-masing, jika terjadi banjir dan dampak buruk lainnya.


Diantaranya membersihkan drainase dan sungai-sungai kecil di kawasan permukiman warga dari sumbatan sampah, agar air bisa mengalir cepat ke sungai.


"Ini barang kali yang bisa dilakukan masyarakat. Jangan menunggu pemerintah saja," tekannya.


Pasalnya, menurut Doyo keterlibatan masyarakat dalam hal ini juga sangat diperlukan. Kalau hanya Pemko Banjarmasin saja yang bergerak, maka tidak semua wilayah bisa teratasi dengan cepat karena keterbatasan tenaga.


Disisi lain, fenomena banjir rob ini sudah biasa terjadi setiap tahunnya. Namun yang menjadi ke waspadaan bila terjadi banjir parah seperti awal tahun lalu.


"Seperti biasanya ini hanya banjir rob saja yang terjadi beberapa jam saja. Namun akan surut kembali setelahnya. Meskipun begitu tetap waspada," tuturnya.


Banjir yang terjadi tadi malam juga turut menggenangi Balai Kota Banjarmasin hingga surut kembali saat menjelang pagi.


(Hamdiah)

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua