Baznas RI dan Baznas Kalsel Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar



TERAS BANUA, BANJARMASIN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan Baznas Provinsi Kalimantan Selatan, mengelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar, di Rattan Inn Hotel, Banjarmasin, Selasa (22/12/2020). Senior Officer Pusat Data dan Informasi Baznas Tanggap Bencana RI, Anda, menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan manajemen bencana tingkat dasar yang dilaksanakan selama 2 hari (22-23 Desember) merupakan kegiatan pengenalan dasar mengenai bencana dalam melatih teknik dasar penyelamatan baik itu bencana alam, non alam maupun yang disebakan alam.


"Bentuk pelatihannya sendiri dasar saja, seperti pengenalan bencana, teknik membantu korban bencana untuk di awal, pertolongan pertama dan lainnya," ucapnya.


Awal dibentuknya lembaga Baznas Tanggap Bencana sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana yang terjadi.


"Tugas utama Baznas adalah melayani masyarkat, melayani umat dan salah satunya adalah potensi bencana yang ada di Indonesia jadi itu pun harus terlayani dengan baik," terang Anda.


Oleh karena itu, "Baznas Tanggap Bencana punya misi untuk meningkat kesadaran masyarakat terhadap resiko bencana dalam membangun kemandiriannya dan merespon secara cepat bencana dalam masa tanggap darurat," lanjutnya.


Sementara itu, Kepala Panitia Pelaksana Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar, Akhmad Nikhrawi Hamdie, menyebutkan bahwa dalam pelatihan ini, sebanyak 35 peserta dari perwakilan Baznas kabupaten/kota Se-Kalsel dan relawan yang mengikuti.


"Kita mengandeng relawan-relawan yang bergerak di penanggulangan bencana alam, para peserta dari perwakilan baznas Kalsel ditambah dengan relawan," katanya.


Dengan mengait para relawan yang menguasai dalam bidang tanggap bencana, tentu kerjasama dalam menanggulangi bencana bisa terealisasi dengan baik.


"Maka dari itu, relawan yang kita cari itu memang mereka yang bergerak di bidang tersebut," tuturnya.


(Hamdiah)

3 tampilan0 komentar