Baznas Kalsel Berdayakan UMKM Binaan Melalui Pergelaran Karnaval Ramadhan

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna berdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Binaan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengelar Karnaval Ramadhan yang berlokasi di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Sungai Jinggah, Banjarmasin Utara.



Ketua Baznas Kalsel, Irhamsyah Safari sedikitnya ada 50 UMKM binaan yang terlibat dan menjual aneka makanan olahan rumah untuk berbuka puasa.


Dalam Karnaval Ramadhan ini, para UMKM tidak hanya menjual secara offline saja. Tapi juga secara online.


"Jadi bagian IT Baznas mempromosikan di media sosial kami dan biasanya itu langsung ada pesanan dari konsumen," ucapnya usai membuka pergelaran Karnaval Ramadhan didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Kota Banjarmasin, Machli Riyadi yang mewakili kehadiran Wali Kota Banjarmasin, Jumat (1/4/2022).


Tentunya ia berharap dalam momentum memasuki bulan suci Ramadhan ini. UMKM binaan bisa mengembangkan usaha rumahan mereka melalui acara Karnaval Ramadhan.


"Dengan diberikan keterampilan, modal, alat kerja mereka bisa mandiri. Tentunya ini mendorong ibu-ibu atau bapak-bapak yang mempunyai keterampilan tapi ketiadaan modal. Bisa bergairah lagi untuk membangun usahanya," harapnya.


Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Kota Banjarmasin, Machli Riyadi memberikan apresiasi kepada Baznas yang telah memberdayakan UMKM binaan dalam Karnaval Ramadhan ini.


"Tentu ini mendorong para UMKM yang di bina selama ini oleh Baznas bergairah kembali, semangat dan tentu pasti akan meningkatkan ekonomi kerakyatan," kata Machli.


Mengingat sudah dua tahun lamanya pandemi Covid-19 melanda dan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.


Sehingga dengan adanya geliat UMKM baru seperti ini, tentunya diharapkan perekomian yang sempat terpuruk kembali bangkit.


(Hamdiah)

9 tampilan0 komentar