Bawaslu Banjarmasin Catat 800 APK yang Dipasang Langgar Aturan Kampanye


Bawaslu Banjarmasin Catat 800 APK yang Dipasang Langgar Aturan Kampanye
Satpol pp lepas atribut pasangan calon kepala daerah, Rabu (25/11/2020)

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin mencatat ada kurang lebih 800 alat peraga kampanye (APK) yang tercatat secara sah melanggar aturan kampanye.


Adapun jenis pelanggarannya beragam; dari terpantau ditempel di pohon dengan paku hingga dipasang pada kawasan tempat ibadah dan institusi pendidikan.


"Hari ini kita melakukan apel gabungan bersama rekan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, dan KPU dengan rencana penertiban APK ini," kata Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar, Rabu (25/11/2020).


Kata Yasar, ratusan APK yang melanggar tersebar di seluruh kecamatan, dan cenderung lebih banyak berada di wilayah pelosok kota. Praktis, pihak Bawaslu akan membagi tugas dengan aparat gabungan lainnya untuk penindakan.


Setelah giat, ratusan APK akan diamankan pihak Bawaslu terlebih dahulu. Bagi tim pemenangan pasangan calon (paslon) yang ingin mengambil, dipersilakan mendatangi kantor panitia pengawas kecamatan (panwascam) atau Kantor Bawaslu Kota Banjarmasin.


"Ini penertiban pertama kali, setelah ini nanti insya Allah kita akan koordinasikan kembali kapan akan kita lakukan penertiban lanjutan. Rencana tiga kali," tandas Yasar.


Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin, Kasman, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Bawaslu beserta aparat gabungan.


"Kami harap (aparat) bertugas dengan baik, santun ya, manis, harmonis, dan aman, ciptakan suasana yang kondusif, tidak arogan, maksudnya tidak perlu memaksakan diri. Buat laporan aja lalu akan ditindaklanjuti Bawaslu Kota Banjarmasin," kata dia.


(Ri)

30 tampilan0 komentar