Baut Dicuri dan Logo Kota Banjarmasin di Jembatan Antasan Bromo Turut Dirusak

terasbanua.com, Banjarmasin - Hilangnya 80 baut di Jembatan Antasan Bromo beberapa waktu lalu cukup mengagetkan warga di kawasan tersebut.



Mengingat ekowisata baru di Kota Banjarmasin itu baru saja diresmikan tahun lalu. Namun kondisinya saat ini cukup memprihatikan dengan hilangnya baut yang terpasang di jembatan tersebut.


Saat jurnalis terasbanua.com meninjau langsung ke lokasi, memang terlihat beberapa baut di Jembatan Antasan Bromo raib.


Ali Key, warga Pulau Bromo, Kelurahan Mantuil RT 06 RW 02 Banjarmasin Selatan, menduga bahwa hilangnya baut tersebut kemungkinan merupakan aksi pencurian.


Namun menurutnya tidak menutup kemungkinan baut tersebut dilepas dengan sengaja oleh orang usil yang tidak bertanggung jawab.


"Mungkin dicuri karena baut bisa dijualkan. Kalaupun tidak dicuri mungkin saja ada yang sengaja dilepas untuk iseng-iseng karena banyak masyarakat yang berkunjung kesini," ucapnya kepada jurnalis terasbanua.com saat diajak berbincang-bincang, Senin (10/1/2021) sore.


Ia mengaku baru saja tahu ada sebanyak 80 baut yang hilang. Tentu aksi pengambilan baut ini tidak dilakukan dalam satu hari.


"Sampai 80 baut yang hilang itu tidak mungkin baru-baru ini. Kemungkinan sudah sejak lama dilakukan tapi kita baru sadar sekarang," ungkapnya.


Ia merasa prihatin atas tindakan dari oknum tidak bertanggung jawab yang telah sengaja melepas baut jembatan tersebut. Karena secara tidak langsung tindakan tersebut dapat membahayakan warga setempat yang ingin melintas.


"Ya tentu kita warga sini khawatir. Kalau tanpa baut itu lama-lama bisa ambruk kan bahaya," ujarnya.


Dalam hal ini, ia menyarankan pada Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk memberikan baut secara permanen agar tidak bisa dilepas lagi saat perbaikan nanti. Agar hal serupa tidak terjadi kembali.


"Nanti kalau bisa dimatikan saja baut nya biar tidak lepas lagi atau dicuri," ujarnya.


Saat diperhatikan lebih jeli lagi, kondisi memprihatikan Jembatan Antasan Bromo kian bertambah karena terlihat pagar Jembatan Antasan Bromo tepat berada di bawah Jembatan yang berdesain lambang Kota Banjarmasin juga terlihat beberapa bolong seperti sengaja dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab.


Tentu ini cukup merusak estetika dari ekowisata Jembatan Roller Coaster pertama di Kota Banjarmasin.


"Entah siapa yang telah tega dan sengaja merusak ini. Kami sebagai warga sangat kecewa karena jembatan yang telah lama kami inginkan kondisinya sudah seperti ini," ungkapnya.


Melihat kondisi seperti itu, ia berharap dari Pemko Banjarmasin menerjunkan petugas untuk meninjau perkembangan kondisi jembatan.


"Dulu setelah rampung jembatan dibangun satu bulan sekali pasti ada pengawasan yang meninjau. Tapi sekarang tidak lagi, makanya baut itu sampai hilang hingga 80 buah dan logo jembatan rusak. Kalau ada petugas yang memantau hal ini bisa dicarikan solusi sejak dulu," akhirnya.


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar