• Krisna

Basmi Premanisme Dan Pungli, Polresta Banjarmasin Jaring Preman di Pelabuhan

terasbanua.com, Banjarmasin - Menindaklanjuti instruksi dari Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Polresta Banjarmasin melakukan operasi dan berhasil menangkap sejumlah orang yang diduga terlibat dalam aksi premanisme pada Sabtu (12/6/2021) lalu sekitar pukul 20.00 Wita.

Dok. Ilustrasi
Dok. Ilustrasi

"Kita lakukan operasi ini menindaklanjuti Intruksi Kapolri untuk membasmi maupun memberantas aksi premanisme maupun tindak kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawana. Senin (14/6/2021).


"Hal tersebut juga demi terwujudnya situasi yang aman dan kondusif serta memberi rasa aman tenang kepada masyarakat serta memberikan efek jera kepada para pelaku premanisme," lanjutnya.


Dalam pelaksanaan di lapangan, personel tim gabungan melaksanakan giat tersebut di wilayah kawasan Pelabuhan Trisakti yang mana beberapa petugas menggunakan pakaian preman untuk melakukan pengawasan terhadap proses turunnya penumpang dari Kapal Roro KM. Kirana IX yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin menuju parkiran debarkasi atau parkiran taksi penumpang.


"Dari hasil kegiatan ini, Polresta Banjarmasin berhasil menjaring sebanyak enam orang yg diduga pelaku pungli sebagai calo para penumpang dan penerima pungutan," terang Kombes Pol Rachmat Hendrawana.


Dari hasil Interogasi terhadap para pelaku yg diamankan tersebut, berdasarkan keterangan pelaku pada saat itu bertindak mencari penumpang yang akan diserahkan kepada sopir.


Selanjutnya dari uang penumpang tersebut, si sopir menyerahkan imbalan jasa sebesar Rp. 20.000 / penumpang yang digunakan untuk dirinya sendiri, selanjutnya sopir memberi uang sebesar Rp. 15.000 per penumpang.


Kemudian dari hasil Interogasi pelaku lainnya uang hasil pemberian sopir dikumpulkan dan apabila sudah terkumpul semuanya uang tersebut akan dibagi-bagi kepada anggota.


Para pelaku juga ada menunjukkan kartu anggota yangg tergabung dalam persatuan serikat transportasi (KSPSI) Terminal Penumpang Bandarmasih Trisakti Banjarmasin, sehingga mereka berpikir tindakan mereka tersebut adalah benar.


Selanjutnya para pelaku dan barang bukti tersebut diamankan di Mapolsek KPL Bjm untuk dilakukan interogasi dan pendataan kemudian para pelaku beserta barang bukti dibawa dan diserahkan ke Sat Reskrim Polresta Banjarmasin untuk proses lebih lanjut.


"Terhadap orang yang diduga preman itu, selanjutnya akan dilakukan pembinaan apabila ada yang mengarah pada pelanggaran hukum," tutur Kapolresta.


Kapolresta juga mengimbau masyarakat yang menjadi korban atau melihat dan mendengar aksi premanisme atau pemungutan liar silakan segera melapor ke Polresta Banjarmasin atau ke polsek terdekat dan bisa juga menghubungi call center 110.


"Kami mengimbau kepada masyarakat, apabila menjadi korban atau melihat dan mendengar aksi premanisme silakan laporkan ke polres atau ke polsek terdekat, kami siap melayani," imbaunya.


(Krisna)

2 tampilan0 komentar