Baru ASN Pemko Banjarmasin, Selanjutnya KTP Digital Bisa Dimiliki Warga

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin sudah mulai menerapkan pengunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital secara bertahap.



KTP digital sendiri merupakan program pemerintah pusat memanfaatkan smartphone sistem identitas diri yang di dalamnya terdapat KTP elektronik atau e-KTP.


Sesuai dengan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik serta Penyelenggara Identitas Kependudukan Digital.


"Ini tentu program wajib dan kita sudah lakukan rekam KTP digital ini yang diawali oleh seluruh karyawan Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)," ucap Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Yusna Irawan, Jumat (23/9/2022).


Tidak hanya itu, rekam KTP digital ini juga sudah dilakukan pada beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.


"Tinggal empat SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) saja lagi yang belum," imbuhnya.


Setelah selesai nantinya, pihaknya akan menyasar pada seluruh warga Kota Banjarmasin untuk pengunaan KTP digital ini.


Kapan pastinya? Yusna mengatakan rekam KTP digital pada warga akan mulai dilakukan pada Oktober mendatang.


"Insya Allah Oktober, tanggalnya masih belum ditetapkan kapan mulainya," katanya.


Saat ini, pihaknya tengah menyiapkan sarana prasarana di masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT). Guna memudahkan warga yang nantinya untuk mengurus perekam KTP digital.


Di samping itu, ia menjelaskan fungsi dari KTP digital ini sama saja dengan E-KTP. Namun pada KTP digital memiliki keunggulan dan tentunya sangat memudahkan pengunaannya.


"Karena semua terekam pada smartphone dan semua ID baik itu BPJS atau NPWP itu terekam disitu," pungkasnya.



Hamdiah

0 tampilan0 komentar