Banyak Warga Isoman, BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kelurahan Pemurus Dalam


terasbanua.com, Banjarmasin - Setelah menerima laporan dari warga yang ingin dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasannya. Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin pun langsung bergerak cepat untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga di RT 06, RW 01, Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kamis (29/6/2021) sore.

"Penyemprotan disinfektan sore ini atas permintaan warga yang melapor. Katanya banyak warga yang isolasi mandiri (Isoman) di rumah sehingga memerlukan penyemportan ini. Guna meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19," ucap Dedy Mulyadi, Komando Lapangan BPBD Kota Banjarmasin, usai melakukan penyemprotan disinfektan bersama 6 rekan lainnya.


Diakui, Dedy, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa wilayah lainnya, berdasarkan dari laporan warga yang meminta untuk dilakukan penyemprotan.


"Sudah banyak wilayah lainnya juga kita lakukan penyemprotan, dari laporan warga  ke kantor kita. Biasanya yang melapor ini khawatir jadi kami bantu," tuturnya.


Menariknya dalam proses penyemprotan disinfektan ini, salah satu anak politikus Partai Demokrat, Bambang Yanto Permono, turut ikut terlibat.

Terlihat dirinya dengan tanggap melakukan penyemprotan hingga masuk ke rumah-rumah warga.


Diketahui, ia yang tak ingin menyebutkan namanya itu, juga merupakan salah satu warga yang bertempat tinggal di kawasan tersebut.


Ketua RT 06, Ardiansyah menuturkan, tingginya kasus positif Covid-19 saat ini, cukup mengkhawatirkan warganya. Bahkan terkonfimasi ada lebih dari 15 warganya dinyatakan positif kasus Covid-19 hingga menjalankan isoman di rumah.


"Banyak warga kami yang melakukan isoman hingga kami pun berinisiatif untuk melaporkan ini dan meminta dilakukan penyemprotan di wilayah kami," tuturnya.


Disela-sela aktivitas penyemprotan disinfektan pun sempat dikagetkan dengan adanya laporan bahwa salah satu warganya yang menjalankan isoman di rumah meninggal dunia.


"Salah satu ikhtiar kami ya melakukan penyemprotan ini agar virus-virus Covid-19 tidak menyebar," imbuhnya.


Sementara itu, salah warga, Rusinah, mengaku senang dengan adanya tindakan penyemprotan ini, setidaknya hal ini sedikit membantu mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.


"Alhamdulillah disemprot artinya aman jadi sedikit tenang lah. Sempat ada kekhawatiran juga karena ada beberapa tetangga kita menjalani isoman," ujarnya.


(Hamdiah)

31 tampilan0 komentar