Banyak Siswa Tidak Berhadir karena Sakit, Belasan Siswa SDN Sungai Miai 7 Jalani Tes Antigen Swab

terasbanua.com, Banjarmasin - Belasan siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sungai Miai 7 Banjarmasin menjalani tes swab antigen di sekolah. Kamis (18/8/2022) pagi.



Tes swab antigen yang berlangsung pada Kamis (18/8/2022) pagi itu turut dipantau langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi.


Nuryadi menjelaskan pelaksanaan tes swab antigen yang dilakukan pada sejumlah siswa ini upaya antisipasi adanya penularan virus Covid-19 di lingkungan sekolah.


Pasalnya, belasan siswa tidak berhadir ke sekolah karena sakit yang mana sebelumnya siswa mengikuti kerja bakti bersih-bersih kelas bersama guru dan juga orang tuannya dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun.


"Belasan siswa itu berhadir saat bersamaan dan ada laporan orang tua juga. Makanya kami meminta bantuan ke Dinas Kesehatan untuk melakukan tes swab antigen," ucap Nuryadi usai memantau pelaksanaan tes antigen swab, Kamis (18/8/2022).


Adapun bila ditemukan siswa yang reaktif, langkah selanjutnya akan dilakukan tes swab dan juga menjalankan Isoman Mandiri (Isoman) di rumah.


"Tentunya tes ini guna memperkuat bahwa ada indikasi terpapar atau tidaknya siswa," tuturnya.


Secara terpisah, Kepala Sekolah SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin, Norcahyani Indah mengungkapkan bahwa yang mengikuti tes swab antigen hanya siswa kelas IIA. Pasalnya, di kelas tersebut terdapat belasan siswa izin tidak masuk kelas usai mengikuti kerja bakti di sekolah.


Tes swab antigen pun tidak dilakukan pada seluruh siswa kelas IIA dan hanya sebagian siswa saja. Ia beralasan bahwa para siswa lainnya takut mengikuti tes swab antigen usai diberitahu pada hari ini akan dilaksanakan serentak. Di samping ada keterangan siswa sakit hingga tak bisa berhadir.


"Mereka yang hadir saja kita tes swab antigen sebanyak 15 siswa yang mana jumlah seluruh siswa kelas IIA itu sebanyak 32 siswa," paparnya.


Meskipun begitu, ia tetap meminta kepada orang tua siswa untuk bisa melakukan tes swab antigen secara mandiri di puskemas terdekat.


Tidak hanya pada siswa saja, para guru yang sebagian besar mengajar kelas IIA dan guru yang mengikuti kerja bakti juga tak luput dari tes antigen swab tersebut.


"Kurang lebih 10 guru yang ikut swab juga," ujarnya.


Adapun dari hasil tes swab antigen pada 15 siswa tersebut telah menunjukkan hasil negatif Covid-19.


"Alhamdulillah hasilnya semua negatif," akhirnya.



Hamdiah

3 tampilan0 komentar