Banjir, Warga Desa Semangat Dalam Mengungsi

TERAS BANUA, BARITO KUALA - Sejumlah warga di Desa Semangat Dalam, Kecamatan Alalak Barito kuala mengungsi akibat banjir yang merendam permukiman sejak beberapa hari terakhir.

Dari pantauan terasbanua.com warga mulai meninggalkan rumah yang terendam banjir untuk mencari lokasi yang aman.


Silvia Desmalina, warga komplek Kartika Indah lestari ini mengaku terpaksa mengungsi ketempat keluarganya di Banjarmasin karena rumahnya kebanjiran.


"Kami sedang menunggu jemputan keluarga, kami terpaksa mengungsi mengingat air yang semakin tinggi dan juga air PDAM yang tidak mengalir," ujarnya.


Sementara, Kepala Desa Semangat Dalam H. Ahmad M. Jaya Jumat (15/1/2021) menyatakan pihaknya sudah memberikan bantuan evakuasi kepada warga yang tempat tinggalnya terendam air,  ke tempat pengungsian sementara di posko desa dan selanjutnya dievakuasi lagi ketempat pengungsian di posko kantor Kecamatan Alalak.


Jaya menambahkan bahwa pihaknya akan mendata secara langsung jumlah warga yang terdampak banjir dan berencana membuka posko layanan di kantor desa yang nantinya diperuntukan sebagai tempat penerimaan bantuan dari luar dan akan diserahkan langsung kepada warga.


"Banjir yang melanda pemukiman warga di Desa Semangat Dalam hampir 85 persen dari luas wilayah dan diperkirakan 2000 jiwa yang terdampak akibat banjir tersebut" katanya.


"Untuk warga Desa Semangat Dalam diimbau berhati-hati dalam beraktivitas dan selalu melakukan komunikasi dengan Ketua RT setempat, sehingga koordinasi bisa berjalan dengan baik dan berjenjang, baik secara langsung maupun melalui grup WhatsApp," harapnya.


(Sf)

76 tampilan0 komentar