Banjir Rob Mulai Mengenangi Beberapa Wilayah, BPBD Kota Banjarmasin Keluargakan Instruksi Waspada

terasbanua.com, Banjarmasin - Beberapa hari belakangan, banjir sudah mulai mengenangi berbagai wilayah di Kota Banjarmasin.

Ket foto : Kondisi banjir tadi siang, Senin (6/12/2021) terjadi di Jalan Cendana, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Diantaranya di kawasan Japri Zam - Zam, Kelayan B, Teluk Dalam Gang 20, Belitung, Alalak, Kuin dan sekitarnya yang merupakan kawasan di bantaran sungai.


Tidak hanya itu, di kawasan lainnya yang seperti di Jalan Bumi Mas, dan Jalan Prona I juga turut terendam.


Diketahui, hal tersebut terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi dan air pasang yang terjadi beberapa hari belakangan.


Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin pun mengeluarkan instruksi waspada kepada warga mengenai peningkatan curah hujan dan debit air sungai pada Minggu (5/12/2021) malam.


“Untuk debit air sungai sangat naik, apalagi dibarengi hujan deras," ucap Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Fahruraji saat dikonfirmasi.


Ia juga menghimbau warga untuk memperhatikan barang dalam rumahnya, ketika air sudah mulai masuk. Terutama pada stop contact listrik agar selalu diawasi guna menghindari terjadinya konsleting.


"Alat-alat elektronik diamankan, serta barang beharga lainnya," tambahnya.


Disisi lain, pihaknya juga terus melakukan pantuan langsung ke lapangan setiap saat. Terutama mendata kawasan yang terdampak banjir rob atau air pasang.


Ia pun berharap jika ada relawan atau warga yang melihat travo atau aliran listrik tegangan tinggi terendam banjir bisa hub Callcenter pln 0511 123. Sebagai penanganan pertama untuk tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melalui media sosial pribadinya baik itu facebook dan instagram telah memberikan pesan singkat mengenai himbauan warga kota Banjarmasin untuk waspada dan siaga.


Dalam pesan singkat tersebut, ia juga berpesan kepada warganya untuk saling bantu, dan berhati-hati diakibatkan terjadinya fenomena tahunan tersebut.


"Mudahan calap cepat surut, sama-sama kita berdoa agar diberi kesabaran dan terhindar dari bala musibah," ungkapnya.


Ia pun menghimbau terhadap seluruh warga kota yang memerlukan bantuan bisa langsung menghubungi Posko BPBD pada nomor Hp 08115191964


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar