• Krisna

Banjir Genangi Rumah Warga di Tunas Baru, Ketinggian 8 Cm Hingga 47 Cm

terasbanua.com, Banjarmasin - Hujan deras mengguyur Kota Banjarmasin beberapa hari terakhir, kini pada Senin malam (6/12/2021) sejumlah ruas jalan dan wilayah pemukiman warga terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi mulai dari semata kaki hingga mendekati lutut orang dewasa atau 8 cm hingga 47 cm.

Seperti yang terjadi di Jalan Tunas Baru, Kelurahan Teluk Dalam Banjarmasin Tengah. Dikatakan oleh warga sekitar, Husni Nafarin bahwa banjir pasang mulai naik saat malam hari.


"Banjir disini naik airnya Pukul 19.30 Wita, dalamnya mulai habis magrib," tutur Husni Nafarin.


Ia menjelaskan bahwa ketinggian air di luar rumah hampir mencapai 40 cm lebih dan di dalam rumah mencapai 15 cm, karena itu membuat ia sekeluarga harus memindahkan barang elektronik dan tempat tidur ke tempat lebih tinggi.


"Ini mending daripada malam Minggu (7/12/2021) kemarin, lebih tinggi naiknya," terangnya.


Ia mengaku bahwa bulan ini justru lebih parah daripada banjir yang terjadi pada awal bulan lalu di Banjarmasin.


"Seumur umur tinggal di Banjarmasin nih belum pernah sedalam akhir-akhir ini," ungkapnya.


Husni berpendapat bahwa banjir yang terjadi bulan ini dikarenakan dekat dengan sungai dan adanya pembuangan yang harus mulai dikeruk.


"Mungkin karena dekat dengan sungai besar, kalau untuk pembuangannya aman saja karena turunnya cepat, namun mungkin daerah Jafri Zam Zam dekat Stadion 17 Mei sudah harus dikeruk karena sdh tetumpuk gulmanya disana makanya sering tergenang," menurut Husni.


"Kalau daerah pinggir sungai Pasirmas dan sekitarnya mungkin akibat pasang air laut karena dekat dengan laut," lanjutnya.


Perihal banjir tersebut, ia berharap semoga pemerintah kota segera mengambil langkah antisipasi agar tidak separah banjir awal bulan lalu.


"Semoga banjir lekas surut agar semua mudah dalam melakukan aktivitas," pungkasnya.


(Krisna)

14 tampilan0 komentar