Banjarmasin Tetap Bertahan PPKM Level 2

terasbanua.com, Banjarmasin - Status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 kembali diperpanjang di Kota Banjarmasin bersamaan dengan beberapa kabupaten/kota lainnya yang berada di luar daerah Jawa-Bali.

Sebagaimana yang telah diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto dalam konferensi pers daring, Senin (8/11/2021) malam.


Diketahui, perpanjangan PPKM di luar daerah Jawa-Bali ini akan diperpanjang selama 2 minggu yakni 9-22 November 2021 mendatang.


Meskipun pengumuman tersebut tidak sesuai dengan yang harapan sebelumnya. Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina tetap bersyukur Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masih bertahan di level 2.


Dibandingkan dengan beberapa beberapa kabupaten/kota lainnya terpaksa naik satu tingkat status PPKM karena capaian vaksinasi masih di bawah 40 persen.


"Makanya kita kan sudah diangka 60 persen jadi sudah melampaui target itu. Walaupun kita punya target paling tidak di puncak Hari Kesehatan Nasional diangka 70 persen," ucapnya kepada awak media, Senin (9/11/2021).


Lebih lanjut, Ibnu menjelaskan bahwa saat ini sudah hampir tidak ada kasus Covid-19 di Banjarmasin. Bahkan di RSUD Sultan Suriansyah pun sudah tidak ada pasien lagi.


"RSUD Ulin atau Ansari Saleh paling hanya ada 1-2 pasien saja. Jadi boleh dikatakan assesmen kita itu sudah di level 1, tapi pusat juga punya pertimbangan," terangnya.


Meski berada di level 2, Ibnu tetap meminta masyarakat untuk tidak terlena dengan status PPKM tersebut dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Jangan sampai nanti merasa sudah di level 2 jadi bebas. Paling tidak gunakan masker," harapnya.


Disisi lain, pihaknya juga terus gencar melaksanakan vaksinasi di tengah masyarakat agar kota Banjarmasin bisa benar-benar turun ke level 1.


"Kita juga menargetkan di akhir tahun kita bisa mencapai diangka 75-80 persen. Sehingga kita bisa membentuk herd immunity sesuai dengan standar WHO," tandasnya.


Adapun untuk kebijakan-kebijakan pada status PPKM level 2 saat ini, tetap memberlakukan kebijakan di dalam Surat Edaran (SE) sebelumnya.


"Untuk tindaklanjut dari Imendagri ya tidak ada perubahan. Pasar, mall, olahraga, restoran, kegiatan dan lainnya diperbolehkan buka. Tapi dengan perbatasan," akhirnya.


(Hamdiah)

10 tampilan0 komentar