Banjarmasin Selatan Jadi Wilayah Prioritas Pengentasan Kemiskinan

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin mengelar silahturahmi bersama warga Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Mengusung tema Badapatan Menyambung Silaturahmi (Bamara), acara tersebut pun berjalan dengan lancar hingga penghujung acara yang digelar di Rusunawa Teluk Kelayan, Selasa (9/11/2021).


Berbagai permasalahan disampaikan oleh warga Kecamatan Banjarmasin Selatan secara bergantian kepada Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang turut berhadir.


Terutama dalam program pemulihan ekonomi, misalnya angka kemiskinan, pengangguran serta terkait pengembangan wira usaha baru warga.


"Banyak aspirasi dan masukkan dari warga, sehingga menjadi PR bagi pemko," paparnya seusai acara.


Permasalahan kesehatan juga turut disampaikan masyarakat, yakni masalah stunting yang sebetulnya Banjarmasin memilikki kasus stunting terendah di Kalsel.


Namun, untuk tingkat kota sendiri ada dua kelurahan yang memilikki angka stunting tertinggi. Kelurahan Tanjung Pagar dan Kelurahan Pekapuran.


"Tapi itu sudah ada intervensi dari Dinas Kesehatan," imbuhnya.


Tidak hanya itu, Ibnu menuturkan bahwa warga Bansel juga mengusulkan untuk dibangunnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang masih belum ada di kawasan tersebut.


Dimana sebelumnya, Ibnu telah melakukan koordinasi ke Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel untuk sesegeranya dibangunkan SMK/SMA.


"Kita akan cek terlebih dahulu untuk memastikan lahan kita," ujarnya.


Warga juga menyampaikan aspirasi sanitasi di kawasan tersebut. Mengingat Bansel memiliki angka kemiskinan tertinggi di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin.


Bahkan tercatat ada sekitar 49ribu jiwa yang masuk kategori sasaran rumah tangga mengatasi kemiskinan di Banjarmasin.


"Mudah-mudahan menjadi prioritas pembangunan kita ke depannya," harapnya.


Tentunya melalui pertemuan silahturahmi ini berbagai aspirasi masyarakat bisa ditampung dan segeranya diselesaikan untuk menuju kota Banjarmasin untuk lebih baik lagi.


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar