Banjarmasin Resmi Berstatus Siaga Darurat Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung

terasbanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin resmi menaikkan status Siaga Darurat Bencana Banjir dan Angin Puting Beliung di Banjarmasin yang telah berlaku sejak Kamis, (18/11/2021) lalu.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini, prediksi curah hujan tinggi dan ketinggian air akan terus terjadi hingga bulan Maret 2022 mendatang.


Hal tersebut lah yang membuat pihaknya sepakat untuk menaikkan status bencana di Banjarmasin sebagai langkah awal Pemko Banjarmasin dalam mengantisipasi terjadi bencana banjir.


"Berdasarkan indikator-indikator yang ada. Kita sepakat meningkatkan status siaga bencana banjir," ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Sabtu (20/11/2021).


Melihat kondisi di wilayah Hulu Sungai yang saat ini tengah dilanda banjir. Membuat Pemko mantap untuk menaikkan status di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).


Mengenai hal ini, Ibnu meminta seluruh pihak untuk siap siaga menghadapi bencana banjir jika terjadi. Seluruh pihak terkait pun akan siap dikerahkan dalam membantu menanggulangi bencana banjir.


"BPBD harus di depan untuk mengkonsolidasikan seluruh potensi dalam rangka mengantisipasi dalam bencana terutama banjir dan angin puting beliung," terangnya.


Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memerintahkan kelurahan dan camat untuk mengaktifkan kembali posko darurat banjir.


Dimana fungsi posko itu untuk mengupdate secara rutin mengenai kondisi ketinggian air serta potensi bencana lainnya di suatu wilayah.


"Kita terus memantau kondisi alam dan mengupdate laporan yang masuk terkait curah hujan dan ketinggian air untuk berjaga-jaga," akhirnya.


Dalam waktu dekat Pemko Banjarmasin juga akan mengelar apel siaga bencana bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin yang akan digelar di halaman Taman Kamboja.


(Hamdiah)

20 tampilan0 komentar