Banjarmasin Masih PPKM Level 3, Pemko Gencarkan Vaksinasi Sembari Validasi Data Lansia di KCP-PEN

terasbanua.com, Banjarmasin - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Kota Banjarmasin kembali di perpanjang hingga 2 pekan ke depan bersama dengan 117 kota/kabupaten luar Jawa-Bali lainnya.



Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dari hasil evaluasi PPKM yang telah berlangsung dua pekan lalu.


Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memaklumi keputusan perpanjangan masa PPKM level 3 tersebut.


Pasalnya, hingga saat ini untuk capaian vaksinasi lanjut usia (lansia) di Kota Banjarmasin masih belum mencapai target di angka 60 persen.


"Kemudian untuk booster dan vaksinasi anak. Jadi kita harus kejar lagi target vaksinasi itu," ucapnya saat ditemui awak media di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Selasa (1/3/2022).


Selain fokus mengejar target vaksinasi tadi, pihaknya juga berusaha melakukan perbaikan data lansia yang menjadi target vaksinasi di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).


"Kemarin infonya sudah disposisi oleh Dirjen P2P untuk ditindaklanjuti. Tapi kami masih belum dapat update terakhir. Apakah sanding data itu mempengaruhi data di KCP-PEN," terangnya.


Kemudian lanjutnya, jika hasil sanding data tersebut berubah. Maka capaian vaksinasi pada lansia harusnya sudah melampaui target di angka 60 persen.


Disisi lain, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak. Baik itu aparat TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah, Camat dan lainnya yang telah ikut menyukseskan program pemerintah tersebut dalam upaya pembentukan herd immunity di tengah masyarakat.


"Termasuk juga upaya dalam penegakan hukum dari aspek Perwali 68 supaya ada perhatian dari masyarakat untuk mematuhi itu," tuturnya.


Tentunya ia terus mengimbau masyarakat untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Guna menanggulangi penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron.


(Hamdiah)

6 tampilan0 komentar