Banjarmasin Masih Level 4, Kadinkes Mengaku Kecewa dan Berani Adu Data dengan Pemerintah Pusat

terasbanua.com, Banjarmasin - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengaku sangat kecewa dengan hasil pengumuman pemerintah pusat pada Senin (4/10/2021) kemarin.

Kadinkes Kota Banjarmasin, Machli Riyadi. Foto istimewa.

Dalam pengumuman tersebut, dijelaskan bahwa Kota Banjarmasin masih melanjutkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 bersama 5 daerah lainnya.


Adapun alasan kuat yang membuat status level 4 di kota Banjarmasin kembali diperpanjang, karena hingga saat ini masih belum mencapai target yang ditentukan. Target tersebut ialah testing yang masih relatif terbatas atau ada sedikit kenaikan tingkat kasus positif. Sehingga kembali dilanjutkan.


“Saya kecewa, sepertinya kinerja kita tidak dihargai” ucapnya melalui pesan WhatsApp, Selasa (5/10/2021).


Padahal menurut Machli, semua indikator dalam penetapan status level di suatu daerah sudah dipenuhi Kota Banjarmasin. Bahkan pihaknya berani adu data dengan pemerintah pusat.


"Kita siap adu data," tegasnya.


Tak hanya itu, berdasarkan data monitoring testing Covid-19 di kabupaten/kota per tanggal 27 September hingga 3 Oktober. Kota Banjarmasin berada dicapaian testing tertinggi dibandingkan daerah lainnya yakni 209, 61 persen.


"Capaian testing tertinggi sudah," ujar Machli.


Terus mengalami perbedaan data dengan pemerintah pusat. Pihaknya juga akan berencana melakukan kecocokan data dengan pusat.


"Ya kita akan mencocokkan data dan kita melihat secara real data yang dan indikator mana yang belum kita penuhi. Kita tidak menentang kita hanya melakukan klarifikasi dan harmonisasi," terangnya.


Disisi lain, menurut Machli alangkah baiknya jika wewenang penetapan status level PPKM diserahkan pada pemerintah daerah yang mengetahui kondisi daerahnya sendiri.


"Saya kira serahkan pada daerah masing-masing. Paling tidak di level provinsi, barang kali untuk wewenang penetapan PPKM atau di tingkat kabupaten/kota," pungkasnya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar