Banjarmasin Jadi Tuan Rumah Rakerwil Apeksi Regional Kalimantan, Berbagai Persiapan Mulai Dilakukan

terasbanua.com, Banjarmasin - Terpilih sebagai tuan rumah dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) V Regional Kalimantan di tahun ini.



Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin sudah mulai melakukan persiapaan untuk kegiatan tahunan yang dihadiri oleh para kepala daerah tersebut.


"Kita sudah di finalisasi tadi rencana itu dan Insya Allah dilaksanakan tanggal 27 hingga 29 September ini," ucap Ibnu Sina usai rapat persiapan Rakerwil Apeksi Komwil V Regional Kalimantan, Senin (22/8/2022).


Dalam Rakerwil Apeksi Komwil V Regional Kalimantan ini juga akan berbarengan dengan pergelaran rangkaian acara Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin yang ke-469 Tahun.


Selain itu, kegiatan Rakerwil Apeksi Komwil V Regional Kalimantan yang rencananya dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) juga bertepatan dengan pembukaan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-6.


"Jadi ada tiga kegiatan yang dikolaborasikan yakni Rakerwil Apeksi, BSF ke-6 dan rangkaian Harjad Banjarmasin," ujar Ibnu.


Tentunya, Ibnu berharap seluruh Wali Kota se-Kalimantan bisa berhadir dalam Rakerwil Apeksi kali ini serta beberapa undangan lainnya.


Dimana dalam Rakerwil Apeksi ini akan mengangkat tema pemulihan ekonomi khususnya perkembangan ekonomi kreatif.


"Makanya salah satu narasumber yang kita minta adalah dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ungkapnya.


Adapun dalam kegiatan Rakerwil Apeksi, orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini membeberkan bahwa ada beberapa rute kegiatan yang akan diikuti para tamu undangan.


Diantaranya, penyambutan kedatangan para tamu dengan makan malam bersama, berhadir ke acara Harjad Kota Banjarmasin, pembukaan Banjarmasin Expo di Siring Menara Pandang, penanaman pohon di kawasan Kampung Ketupat dan penebaran bibit ikan lokal yakni ikan Patin dan Kelabau di Dermaga Apung serta menikmati berbagai kuliner khas kota Banjarmasin di Rumah Anno.


"Siangnya baru acara pembukaan," akhirnya.



Hamdiah

5 tampilan0 komentar