Banjarmasin Dorong Pengembangan Pelaku Usaha Lewat Program BAHUMA

terasbanua.com, Banjarmasin - Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menyerahkan secara simbolis modal Penerima Manfaat Program BAHUMA (Bausaha Tanpa Bunga) kepada para pelaku usaha mikro dan Wirausaha baru (WUB), yang berlangsung di Ballroom Hotel Zuri Express Banjarmasin, Selasa (14/6/2022).



Turut hadir Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, M Isa Anshari, Kepala Cabang Utama Bank Kalsel, Firmansyah beserta jajaran terkait.


Menurut Ikhsan Budiman, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendorong perekonomian para pelaku usaha agar lebih berkembang, kedepan industri wirausaha tersebut akan semakin terjaring ke berbagai bidang.


"Nanti akan kita kembangkan terus wirausaha yang beragam, kalau hari ini di dominasi oleh penggiat kuliner, sasirangan, kemudian juga ada kriya, tidak menutup kemungkinan kedepannya usaha-usaha di bidang lain juga ikut terbuka," ucapnya.


Kemudian ia menjelaskan, terkait dengan modal yang diberikan, itu bisa saja bertambah dengan melihat terlebih dahulu prospek maupun hasil yang ditawarkan oleh para pelaku usaha kedepannya.


"Terkait dengan permodalan, BAHUMA ini sebenarnya mengambil dari KUR yang sudah disediakan oleh teman-teman Bank Kalsel, namun bunganya sendiri tetap ditopang dan disubsidi penuh oleh Bank Kalsel," jelasnya.


"Untuk itu, tidak menutup kemungkinan permodalan ini dapat ditingkatkan, hari ini mungkin nilainya rata-rata lima sampai lima puluh juta, kedepan mungkin bisa lebih. Nanti bisa dilihat dulu dari jenis-jenis usahanya, kemudian juga potensi kedepan, jika menjanjikan dan bagus, Bank Kalsel bisa melihat untuk dikembangkan," tambah Ikhsan Budiman.


Ia mengungkapkan, masalah yang dihadapi para pelaku UMKM, memang tak lepas dari persoalan modal dan pemasaran.


"Ketika dua hal itu dapat diatasi, maka sebenarnya UMKM bisa saja maju. Oleh karena itu, kita akan terus melakukan pembinaan, evaluasi serta kontrol kepada teman-teman pelaku usaha terkait dengan permasalahan modal ini," tutupnya.


Diskominfotik/Hamdiah

0 tampilan0 komentar