Aturan Penghapusan Tenaga Honorer di Tahun 2023, Sekda Kota Banjarmasin : Akan Kami Pertimbangkan

terasbanua.com, Banjarmasin - Adanya kebijakan baru Pemerintah Pusat mengenai penghapusan tenaga honorer di lingkungan instansi atau lembaga pemerintah di tahun 2023.



Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berusaha menyiasati kebijakan baru tersebut. Mengingat dampak kebijakan itu cukup membuang kelimpungan Pemko Banjarmasin.


Pasalnya, tenaga honorer selama ini cukup membantu tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selama ini.


"Apakah pengalihan statusnya atau bagaimana kita lihat dulu," ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada awak media, Rabu (8/6/2022).


Ikhsan juga menilai adanya tenaga honorer itu cukup penting karena beberapa tugas atau pekerjaan yang tidak semua bisa dihandle ASN mengingat keterbatasan jumlah ASN yang ada .


Sehingga menyelesaikan tugas-tugas tersebut pun dibantu oleh tenaga honorer yang selama ini dipekerjakan.


Disis lain, saat penerimaan CPNS pun lanjutnya, tidak ada formasi penerimaan pada posisi teknis. Sehingga posisi tersebut sering diisi oleh tenaga honorer.


"Bahkan ada beberapa tenaga honorer yang sangat menguasai secara teknis," terangnya.


Oleh karena itu, Pemko Banjarmasin sedikit keberataan dengan adanya aturan penghapusan tenaga honorer itu hingga perlu dipertimbangkan pada Pemerintah Pusat.



"Ini jadi bahan pertimbangan kita yang akan kita bawa ke pusat apabila dibuka ruang diskusi mengenai ini," pungkasnya.




Hamdiah

8 tampilan0 komentar