Atraksi Jukung Hias Formasi Bunga Teratai, Tutup Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2022

terasbanua.com, Banjarmasin, – Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2022 boleh saja telah ditutup pada Minggu (14/8/2022) malam. Namun, rangkaiannya masih ada yang dilaksanakan keesokan harinya.



Berlokasi di perairan Sungai Martapura, tepatnya di depan Siring 0 Kilometer Banjarmasin, berlangsung lomba hias jukung (perahu kecil tak bermesin, red) dan atraksi Acil-acil (penjual) jukung Pasar terapung yang menampilkan formasi-formasi andalannya, salah satunya formasi jukung yang membentuk Bunga Teratai.


Formasi tersebut memang lazim ditampilkan, pada saat ada kunjungan wisatawan dalam jumlah besar, atau pada momen-momen tertentu.


Atraksi acil yang mengayuh jukungnya ini memang sengaja ditampilkan di luar jadwal pelaksanaan Festival Wisata Budaya Pasar Terapung, yakni untuk memeriahkan puncak Hari Jadi ke-72 Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksakan sehari pasca penutupan acara.


“Kita memang sengaja meletakan jadwal atraksi acil jukung ini pada hari H puncak Hari Jadi Kalsel,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin kepada Smart FM pada Senin (15/8/2022).


Pertunjukan tersebut, jelas Syarifuddin, untuk memberikan hiburan tambahan bagi pengunjung peringatan Hari jadi Kalsel yang sangat antusias menyaksikan hiburan rakyat yang disajikan Pemprov Kalsel.


“Ini jadi hiburan bagi pengunjung Hari Jadi,” beber Syarifuddin.


Pihaknya, lanjut Syarifuddin, sangat konsen melestarikan budaya sungai melalui atraksi acil pasar terapung, sekaligus memperkuat citra pariwisata berbasis air yang melekat pada Kota Banjarmasin.


“Kita ini kan sangat kental dengan budaya sungai, jadi harus kita lestarikan,” tekadnya.


Ia berharap, kegiatan ini semakin membangkitkan dunia pariwisata Kalsel yang sempat terpuruk akibat hantaman pandemi CoVID-19 berkepanjangan.


“Mudahan terus bangkit wisata kita,” pungkasnya.


Pemenang pertama lomba hias jukung jatuh kepada Bustan yang mengangkat tema budaya adat Baayun Maulid yang menghiasi dinding jukung dengan air guci, dan menampilkan ucapan selamat hari jadi ke 72 provinsi Kalsel.


Terbaik kedua tatuh pada Noor Asiah dengan mengangkat tema jukung rombong dengan wadai didalam jujung, dan juara 3 diraih Husnah yang menampilkan adat baayun anak lengkap dengan asesorisnya.


Rilisan/Hamdiah

2 tampilan0 komentar