Atraksi 1000 Wadai Cicin Meriahkan Banjarmasin Village Festival 2022

terasbanua.com, Banjarmasin - Atraksi pembuatan 1000 kue cincin mewarnai kemeriahan hari kedua pelaksanaan event Banjarmasin Village Festival 2022, Sabtu (25/6/2022).



Sedikitnya ada lima Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kota Banjarmasin yang ikut memeriahkan atraksi pembuatan wabai khas Banjar tersebut.


"Iya ini hanya ada di Banjarmasin Village, dan pertama kali kita gelar," Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi.


Iwan mengatakan bahwa setiap kelompoknya ada tiga orang yang diharuskan membuat 200 biji wadai berbahan buah pisang itu.


Adapun makna dari 1000 wadai cincin yang dibuat memiliki arti akan julukan Banjarmasin sebagai kota Seribu Sungai.


"Sehingga warga membuat langsung dengan dibekali pelatihan terlebih dahulu sebelumnya," ungkapnya.


Ketua Pokdarwis Kubah Basirih, Luthfi Husein menambahkan dari hasil pembuatan wadai cincin. 500 biji diantaranya itu dibagi-bagikan pada para tamu undangan serta para penziarah yang datang.


"Sedangkan 500 biji lainnya akan dilelang besok. Penutup acara," ujar Husein.


Melalui kegiatan seperti ini, tentunya ia berharap bisa mendongkrak perekonomian warga di sekitar kawasan Kubah Basirih.


"Pada prinsipnya kami memberikan pelatihan itu agar warga bisa membuat wadai cincin dan diharapkan mereka bisa berjualan. Minimal di depan rumah mereka lah," akhirnya.


Sementara itu, salah satu pembuat kue cincin, Nora Anisa mengaku senang dan antusias akan pelaksanaan pembuatan kue yang dilakukan secara serentak tersebut.


Walaupun ia mengakui tidak mahir memasak dan membuat adonan kue berbahan dasar tepung itu. Namun ia merasa tertantang dan tetap berupaya keras untuk menghasilkan 200 kue cincin.


"Alhamdulillah berhasil kami membuat adonannya," katanya.


Dalam proses pembuatannya pun terbilang rumit. Meskipun begitu, ia merasa puas dengan hasil wadai cincin yang kelompoknya buat.


"Senang sekali dan kami puas," akhirnya.


Hamdiah

3 tampilan0 komentar