Apel Pertama Pasca Libur Lebaran, Wali Kota Banjarmasin Memastikan Tidak Ada ASN Menambah Cuti

terasbanua.com, Banjarmasin - Hari pertama kerja, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin wajib masuk kantor dan mengikuti apel pagi usai libur dan cuti lebaran pagi di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Senin (9/5/2022).



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memastikan tidak ada ASN yang menambah cuti lebaran karena cuti lebaran tahun ini sudah cukup panjang.


"Kami tidak mentoleransi ASN yang menambah cuti terkecuali memang ada alasan sakit," ucap Ibnu Sina usai apel pagi.


Guna memastikan seluruh ASN masuk kantor di hari pertama kerja, ia juga telah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) bersama dengan Badan Kepegawaian Daerah Pendidikan dan Pelatihan (BKD) untuk mengabsen masing-masing pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta jajarannya dan melaporkan kehadiran.


Tentunya hal ini bertujuan agar ASN bisa langsung segera bekerja dengan baik guna mempercepat pencapaian visi misi Baiman.


Pucuk kota Banjarmasin ini juga meminta seluruh Asisten pemerintahan untuk melakukan koordinasi dan rapat khusus dengan masing-masing SKPD. Guna memastikan capaian-capaian diakhir semester pertama tahun 2022 ini.


"Karena ini sudah bulan 5 jangan sampai proyek-proyek, kegiatan yang sudah ditunggu warga, pembangunan fisik dan belanja pemerintah yang bisa mengerakkan ekonomi warga kota itu terhambat," terangnya.


"Kami berharap ini bisa segera dilaksanakan dan fokus pada prioritas pembangunan kota yaitu penanganan sungai untuk wisata, pengendalian banjir, kemudian terkait biro usaha baru berbasis UMKM karena Banjarmasin kota dagang dan kota jasa. Terakhir pelayanan publik melalui program smart city," sambungnya.


Memberikan pelayanan publik berbasis smart city dengan cepat dan mudah sebagaimana dengan semboyan yang telah dicetusnya. Tentunya ia tidak ingin ada keluhan dari masyarakat lagi mengenai pelayanan publik yang buruk.


Oleh karena itu, ia memastikan mulai hari ini dan seterusnya para ASN bekerja dengan baik serta tidak ada lagi kendala terutama dalam aspek pelayanan publik di ruang lingkup Pemko Banjarmasin.


"Saya tidak ingin mendengar tidak ada yang tidak dilayani, di Kelurahan itu sudah bisa aktif dan di Kecamatan secara berjenjang nanti melaporkan. Walaupun bisa di pantau di CCTV tapi kami ingin pastikan laporan fisiknya," jelasnya.


Diakuinya, hari pertama kerja ini ada satu pimpinan SKPD yang tidak bisa berhadir karena sedang sakit, yakni Kepala Dinas Badan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD).


"Kemudian eselon III, eselon IV nanti bisa dicek masing-masing," ujarnya.


Adapun jika ada ASN yang nekat menambah cuti libur tanpa alasan jelas yang mendasari. Maka ada sanksi yang diberikan sesuai dengan arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


"Saksinya kita kembalikan ke PP No 53 Tahun 2010 tentang disiplin ASN atau PNS. BKD yang melaporkan, nanti kita proses dan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang ada," tandasnya.


Ia berharap setelah menikmati liburan panjang, ASN bisa kembali lebih bersemangat lagi dalam bekerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar