APEKSI Sinergi Bangkitkan Ekonomi UMKM

terasbanua.com, Bandar Lampung - Peringatan APEKSI ke-22 di Kota Bandar Lampung, diawali dengan pembukaan dan kunjungan Expo yang diisi oleh beberapa pelaku UMKM.



Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan Expo pada peringatan HUT APEKSI.


Mengangkat tema "Kebangkitan Ekonomi Melalui Kolaborasi Multi Pihak" expo HUT APEKSI ini bertujuan memgangkat pelaku UMKM untuk pemulihan ekonomi dimasa pandemi covid-19.


Pandemi COVID-19 telah berdampak luas di berbagai sektor, termasuk ekonomi, keterpurukan sektor ekonomi tidak hanya menjadi beban pelaku ekonomi, namun juga pemerintah daerah.


Pemerintah daerah menghadapi tantangan pendanaan yang semakin berat akibat pandemi, bukan hanya karena beban pembangunan daerah yang semakin berat, namun di sisi lain terjadi proses realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan pandemi.


Menyikapi hal tersebut, Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan pemulihan ekonomi khusus di berbagai sektor, seperti dukungan pendanaan untuk pelaku ekonomi, penguatan UMKM dan kebangkitan sektor krusial, seperti ekonomi kreatif dan pariwisata.


Salah satunya dengan melaksanakan expo UMKM diharapkan menjadi sebuah kunci mengembalikan roda perekonomian masyarakat seperti yang diharapkan Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina saat berada di Expo HUT APEKSI.


"kami berharap dengan kehadiran seluruh Walikota ini bisa menggerakan ekonomi Kota Bandar Lampung dan juga kota-kota lain di Indonesia, " ujarnya.


Dengan hadirny APEKSI lanjut orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini bahwa APEKSI terus mengayomi Wali Kota karena menurutnya kasus diperkotaan itu sangat berat.


"Ya ini sudah 22 tahun usia APEKSI dan selama ini sudah mengayomi Wali Kota se Indonesia memperjuangkan aspirasi daerah perkotaan khususnya, karena perkotaan ini kan beban nya sangat berat, " ucapnya.


Expo HUT APEKSI dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, didampingi Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto dan Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana.


Hamdiah

1 tampilan0 komentar