Apeksi Masih Fokus Penanganan Covid-19

terasbanua.com, Banjarmasin - Apa yang terjadi di tahun 2021 betul-betul menunjukkan bahwa kebersamaan kota menjadi modal utama untuk melewati Pandemi Covid-19.



Demikian dikatakan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Bima Arya saat menyampaikan pidato akhir tahunnya dalam kegiatan Apeksi Outlook Event 2021, di Pinggir Pantai Segara Village, Sanur, Denpasar.


Menurutnya, dari peristiwa pandemic Covid-19 semua harus belajar banyak hal.

Pandemic Covid-19, lanjutnya, memberikan pelajaran yang sangat berharga sangat mahal bagi seluruh umat manusia.


“Dari covid kita belajar banyak, kita dapatkan sebagai pelajaran yang sangat berharga, dan mungkin sangat mahal, bahwa untuk menghadapi krisis, untuk melewati masa-masa sulit, negara ini harus mempercayakan memberikan kewenangan yang mutlak,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Walikota Bogor ini, Sabtu (18/12/2021).


Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan, kegiatan Apeksi Outlook Event 2021 merupakan rangkuman kegiatan satu tahun APEKSI.


Dalam kegiatan ini, katanya, banyak sekali informasi terkait perkembangan dan rencana pembangunan kota-kota di Indonesia yang dibeberkan.


Dan di masa pandemic Covid-19 ini, focus utama dari laporan yang disampaikannya tertuju pada penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.


“Akhir tahun banyak sekali informasi yang disampaikan tetapi pandemi covid tetap menjadi fokus,” katanya.


Orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini berharap, pemulihan ekonomi bisa sinergi dengan kegiatan pemerintah kota, dan informasi yang terkait perumusan undang-undang cipta kerja dan sebagainya mudahan melibatkan daerah.


Seperti pemberitaan sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan di organisasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), bersama Wali Kota se Indonesia menggelar rapat kerja Apeksi di Denpasar, Bali.


Kegiatan bertajuk Apeksi Outlook Event 2021 tersebut, bertujuan mendorong kebangkitan ekonomi kota serta sinergitas dengan mengedepankan konsep penthahelix.


Saat pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di segara Village Sanur, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengatakan, dengan adanya pertemuan tersebut akan menambah spirit pemerintah kota dalam membangun.


“Mudah-mudahan ini juga menjadi spirit kebersamaan kita bersama pemerintah, Walikota seluruh Indonesia untuk membangun kota kita untuk kepentingan masyarakat kita,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.


Sementara itu, Ketua APEKSI, Bima Arya Sugiarto yang merupakan Wali Kota Bogor, dalam sambutannya, berharap, kegiatan Apeksi Outlook Event 2021 dapat mendorong ekonomi kota-kota di Indonesia.


“Kita juga ingin mendorong produk-produk unggulan dari setiap kota, jadi terima kasih yang berkenan untuk menampilkan produk unggulannya,” ucapnya.


Selain dihadiri Wali Kota seluruh Indonesia, kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Dekranasda seluruh Indonesia.


(dokpim-bjm/Hamdiah)

3 tampilan0 komentar