Animo Masyarakat Untuk Bervaksin Saat Ini Cukup Tinggi

terasbanua.com, Banjarmasin - Semenjak vaksinasi booster (lanjutan) sudah bisa didapatkan oleh lanjut usia (lansia) di Banjarmasin.



Para lansia yang ingin mendapat vaksin dosis ketiga ini pun berbondong-bondong mendatangi fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada di Banjarmasin.


Tidak hanya itu, bahkan ada beberapa lansia memanfaatkan momen vaksinasi massal yang digelar oleh berbagai pihak untuk bisa mendapatkan vaksinasi booster tersebut.


Seperti Kostatin (66) warga asal Ratu Zaleha mengaku tidak sengaja mengikuti vaksinasi massal yang digelar di Duta Mall Banjarmasin, Minggu (23/1/2022).


Awalnya dirinya bersama istri hanya berniat ingin pergi ke Duta Mall Banjarmasin untuk berlibur dan menghabiskan akhir pekan disana.


Kebetulan ada kegiatan vaksinasi massal. Dirinya pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan vaksinasi booster.


"Karena bisa dapatkan booster jadi saya ikut vaksin disini. Biar sekalian," ungkapnya saat diajak jurnalis terasbanua.com berbincang-bincang.


Ia menuturkan bahwa kebetulan masa vaksin dosis kedua yang telah ia terima sudah berjarak 6 bulan lebih. Sehingga ia bisa mendapatkan vaksin booster.


Sebelumnya, vaksin dosis pertama maupun kedua ia terima adalah jenis vaksin Sinovac yang ia dapat di Puskesmas setempat.


"Kalau booster ini tadi vaksin jenis Pfizer," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Banjarmasin, Muhammad Akbar Utomo mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi massal ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dan Duta Mall Banjarmasin.


Untuk pelaksanaan kegiatan vaksinasi hari ini, Akbar menyebutkan bahwa ada sebanyak 500 dosis vaksin yang diusulkan dengan target sasaran lansia, vaksin dosis pertama maupun kedua untuk masyarakat umum serta pemberian vaksin booster untuk lansia.


"Namun yang terealisasi hanya 85 dosis baik Pfizer maupun AstraZaneca," bebernya.


Adapun rendahnya capaian vaksinasi yang terealisasi hari ini. Menurutnya karena tidak sesuai dengan jatah yang diterima dari usulan sebanyak 500 dosis tersebut.


"Karena itu banyak warga yang ingin bervaksin sedikit kecewa karena ketersediaan vaksin yang kurang," tuturnya.


Mengingat saat ini animo masyarakat kota Banjarmasin dalam bervaksin cukup tinggi. Sehingga perlu ditunjang dengan ketersediaan vaksin yang mencukupi untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar