Anggaran Terbatas, Pemasangan CCTV di Eks TPS Pasar Kuripan Sulit Direalisasikan

terasbanua.com, Banjarmasin - Guna mengakhiri persoalan tumpukan sampah di Eks Tempat Penampungan Sampah (TPS) Pasar Kuripan yang terus ada.



Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin berencana bakal memasang CCTV di kawasan tersebut untuk melakukan pengawasan yang lebih efektif lagi.


Untuk rencana tersebut, pihak DLH Kota Banjarmasin sudah mencoba melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin.


Saat dikonfirmasi Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika mengaku masih belum bisa melakukan pemasangan CCTV di kawasan Eks TPS Pasar Kuripan.


Pasalnya, pihaknya terkendala dengan keterbatasan anggaran untuk melakukan penambahan pengadaan CCTV kawasan di Eks TPS Pasar Kuripan tersebut.


"Kami juga ingin agar seluruh ruang publik khususnya di TPS bisa dipasangankan CCTV tapi tidak bisa karena anggaran terbatas dan sebelumnya kita sudah punya 200 unit CCTV di titik-titik Kota Banjarmasin," terangnya


Sama halnya di area Jembatan Patih Masih atau Jembatan HKSN. Usulan pemasangan CCTV juga juga tidak bisa dilakukan.


Walaupun diketahui, saat ini Jembatan Patih Masih tengah menjadi sorotan karena sering terjadi tindakan kejahatan di kawasan tersebut.


Untuk bisa mewujudkan itu lanjutnya, tentu perlu anggaran lebih. Mengingat tidak hanya menambah peralatan saja, tapi juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengawasi layanan jaringan internet pada CCTV tersebut.


"Sekarang ini tenaga SDM untuk jaringan CCTV yang dimiliki Diskominfotik ada lima orang yang bertugas untuk pengawasan terhadap jaringan internet," jelasnya.


Kendati demikian, dirinya tidak menutup kemungkinan penambahan pemasangan CCTV bisa saja dilakukan nantinya jika memang urgent.


"Pastinya pengangaran sebuah pengadaan harus melihat yang mana lebih urgent kalau memang penting yang tidak menutup kemungkinan," pungkasnya.



Hamdiah

7 tampilan0 komentar