Aksi Unjuk Rasa Nelayan Berlangsung Panas, Sempat Terjadi Adu Argumen

terasbanua.com, Kotabaru - Nelayan yang menggelar aksi unjuk rasa di perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit PT SDO Pulau Laut sempat cekcok dengan pihak perusahaan, Kamis (9/9/2021).

Pengunjuk rasa mengancam tidak mau pulang sebelum aspirasinya bisa dipastikan akan sampai kepada petinggi perusahaan.


Adu argumen yang mulai memanas berhasil ditenangkan oleh pengaman jajaran Polres Kotabaru yang dipimpin oleh Kapolsek Pulau Laut Utara, Iptu Yacob Sihasale.


Usai menyampaikan tuntutannya, ratusan orang nelayan memilih kembali dengan membawa hasil kesepakatan dengan pihak manajemen perusahaan.


Kapolres Kotabaru Melalui Kapolsek Pulau Laut Utara, Iptu Yacob Sihasale mengatakan pihaknya hadir untuk mengawal dan menjaga ketertiban aksi damai yang dilakukan oleh para nelayan.


"Kehadiran anggota kepolisian hanya untuk pengamanan selama berlangsungnya aksi unjuk rasa oleh para nelayan," ujar Yacob.


Meski suasana sempat memanas, lanjut Iptu Yacob Sihasale. Setelah diberi pengarahan dan pemahaman para pengunjuk rasa akhirnya tertib.


"Adu argumen para nelayan dengan pihak perusahaan sempat terjadi, namun berhasil kita damaikan dan akhirnya koordinator aksi mengerti dan sepakat dengan perusahaan setelah tuntutan para nelayan sudah disampaikan," pungkasnya.


Pihaknya akan kembali mengawal ketika ada kegiatan pengambilan sampel air, sesuai apa yang dituangkan dalam tuntutan para nelayan.


"Kalau ada tindaklanjut dari tuntutan para pengunjuk rasa, kita akan kawal guna menghindari hal-hal yang melanggar hukum," tutupnya.


(Her)

2 tampilan0 komentar