• Krisna

Aksi Heroik Anggota Polsek Banjarmasin Tengah Mencegah Pertikaian Berdarah

terasbanua.com, Banjarmasin - Aksi heroik dilakukan oleh anggota Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka Herry Vidiyanto yang mempertuhkan nyawa mengamankan seorang pria yang mengamuk menggunakan senjata tajam mandau dan warga sekitar yang juga sudah mempersenjatai dirinya.

Kejadian tersebut terekam oleh video amatir warga dan viral di media sosial.


Peristiwa terjadi di Jalan Nagasari Gang Bersama dekat Expidisi Nasru Kelurahan Kertak Baru Ilir kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Sabtu (8/5/2021) sekitar pukul 17.15 Wita.


Bripka Herry mengamankan pelaku dari amukan massa.


"Kalau tidak dilerai oleh Bripka Herry, kemungkinan pelaku akan habis dikeroyok massa dan sebaliknya pelaku kemungkinan juga akan melukai warga," ucap Kapolsek Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi. Minggu (9/5/2021).


Berkat keberanian Bripka Herry, pertikaian berdarah berhasil dicegah, namun Bripka Herry terluka karena terkena sabetan senjata tajam pelaku di kaki kanannya dan harus diberi perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara.


"Pertikaian berhasil dilerai namun Bripka Herry mengalami luka robek dipergelangan kaki kanan belakang sepanjang enam cm," tutur Kapolsek Banjarmasin Tengah.


Dijelaskan oleh Kompol Irwan Kurniadi, bahwa kejadian bermula pada saat Bripka Herry melintas di TKP dan melihat seorang pria membawa senjata tajam yang dipegang di kedua tangan terlihat seperti mau menyerang warga.


"Melihat hal tersebut, Bripka Herry pun langsung berupaya mengamankan orang tersebut dengan cara mengunci kedua tangan pelaku kemudian pelaku dan korban terjatuh," jelasnya.


Pada saat terjatuh korban berteriak meminta warga untuk mengambil parangnya. Kemudian warga sekitar langsung mengambil senjata tajam yang di tangan kiri pelaku.


Setelah itu, warga sekitar mencoba untuk menghakimi pelaku, namun beberapa kali mencoba dihalangi oleh Bripka Herry hingga aksi main hakim sendiri tidak terjadi.


"Melihat ada kesempatan untuk melepaskan diri, kemudian pelaku berontak dari pegangan Bripka Herry yang sibuk mengamankan korban dari amukan warga dan lepas," terang Kompol Irwan Kurniadi.


"Kemudian pelaku langsung mengayunkan senjata tajam sebanyak satu kali dan mengenai kaki kanan Bripka Herry, lalu pelaku langsung pergi menggunakan sepeda motor," tambahnya.


Unit Buser Polsek Banjarmadin Tengah dipimpin Kanit Reskrim Ipda I Gusti Ngurah Utama, diback up Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel, Jatanras Polresta Banjarmasin, Timsus Polresta Banjarmasin dan Buser Polsek Banjarmasin Utara melakukan pengejaran terhadap pelaku.


Berdasarkan informasi yang diperoleh pelaku sedang berada di Rumah Sakit Ansari Saleh, kemudian tim gabungan pun langsung mendatangi lokasi dan ditemukan pelaku sedang berobat di UGD untuk mengobati luka pada bagian punggung bagian bawah akibat tersabet senjata tajam jenis celurit.


"Selanjutnya pelaku diamankan ke Polsek Banjarmasin Tengah guna proses hukum lebih lanjut," pungkasnya.


(Krisna)

5.464 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua