Akhirnya Kota Banjarmasin Lepas Dari PPKM Level 4

terasbanua.com, Banjarmasin - Akhirnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko), Air Langga Hartarto menyatakan bahwa Kota Banjarmasin telah berhasil turun level Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Operasi yustisi sekaligus sosialisasi kepada masyarakat pentingnya pengunaan masker di Jalan A Yani Kilometer 6, beberapa waktu lalu saat kota Banjarmasin masih berada di PPKM level 4 (dokumentasi). Foto Hamdiah.

Hal tersebut diungkapkannya melalui konferensi pers virtual, Senin (11/10/2021). Dimana dirinya menyebutkan bahwa ada dua daerah yang berhasil turun level PPKM di luar Jawa-Bali yakni Kota Banjarmasin dan Padang.


Pekan lalu, ada 6 kabupaten/kota yang masih memperpanjang masa PPKM level 4 yakni Kabupaten Pidie, Kabupaten Bangka, Kota Padang, Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan dan Kota Banjarmasin.


"Dari 6 kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa Bali dibandingkan periode minggu lalu 5 Oktober terdapat 2 kabupaten kota yang turun levelnya atau mengalami perbaikan yaitu Kota Padang dan Banjarmasin," ucapnya.


Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sempat melayangkan surat protes atas penetapan status level di Banjarmasin yang masih berada level 4.


Menurut Ibnu Sina, seharusnya Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini sudah turun level. Pasalnya dari data yang pihaknya kantongi itu menunjukkan asesmen level 3 bukan lagi 4.


Hingga beberapa hari setelahnya surat protes tersebut pun mendapat tanggap dari pihak Menko, meskipun tidak secara langsung.


Diketahui, tanggapan tersebut berisikan alasan bahwa perlunya dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat di Banjarmasin dan daerah lainnya sehingga masih diberlakukan PPKM level 4.


(Hamdiah)

16 tampilan0 komentar