Akhirnya Gaji Nakes Kontrak Yang Tertunda 4 Bulan Cair

terasbanua.com, Banjarmasin - Akhirnya nasib gaji para tenaga jesehatan (Nakes) di Banjarmasin yang sempat tertunda hingga 4 bulan lamanya telah cair.

Bakeuda Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil, Jumat (21/05/21) siang.


Kendati demikian, gaji tersebut belum bisa diterima seluruh nakes, hanya beberapa puskemas saja karena ada puskesmas yang belum memasukkan data nakesnya.


"Gaji nakes yang tertunda sudah kami proses, itu sudah cair. Kemaren dicek dengan bendahara Dinkes juga ada 24 puskesmas yang clear, dan hari ini Insya Allah sudah clear semua," ucap Subhan, Jum'at (21/05/21).


"Sedangkan, 2 puskesmas masih belum input data. Apabila mereka sudah menyelesaikan input, kami proses pencairannya," imbuhnya.


Maka dari  itu, ia berharap hari ini proses yang tersisa bisa diselesaikan secepatnya agar pencairan gajih dapat terlaksana.


Terkait keterlambatan gaji nakes hingga 4 bulan lamanya, diakui Subhan adanya keterlambatan dana masuk dari pusat.


Selain itu, petunjuk teknis (Juknis) yang baru saja turun, sehingga proses pencairan juga menjadi terlambat.


"Pertama memang dananya belum masuk, karena dari pusat kan. Yang kedua  juknisnya baru turun. Sebelum lebaran tadi kan dananya baru masuk, maka kami informasikan mereka agar mengajukan permohonan untuk pencairan itu dan kami proses," terangnya.


Diberitakan sebelumnya, total nakes yang gajihnya tertunda sebanyak 74 orang, di 26 Puskesmas di Kota Banjarmasin dengan total Rp. 600 juta lebih yang mana gaji nakes kontrak tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikuncurkan oleh Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).


Dimana sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi menjelaskan bahwa belum adanya pencairan gaji tersebut karena juknis baru turun sehingga proses pencairan sedikit lamban.


Juknis tersebut juga harus disesuaikan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang baru dan proses penginputan dilakukan secara keseluruhan baik itu gaji dan program kegiatan Dinkes Banjarmasin. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam pencairan.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar