Akan Digelar Tengah Malam, Rencananya Penertiban APK Dipantau Langsung Bawaslu RI

TERAS BANUA, BANJARMASIN - Sesuai dengan yang telah diagendakan sebelumnya, Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan calon Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banjarmasin kembali digelar dalam masa tenang, Sabtu malam nanti (05/12/2020).


Penertiban APK oleh Satpol PP beberapa waktu lalu (foto dokumen Teras Banua)

Penertiban ini akan dimulai pukul 00:00, dalam artian telah memasuki hari pertama masa tenang, 6 Desember 2020.


""Mengingat penertiban ini dimulai pukul 00:00, kemungkinan besar akan berlangsung hingga subuh," Ucap Kasman, Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin saat ditemui awak media setelah selesai rapat koordinasi penertiban APK di Balai Kota Banjarmasin, Jumat (04/12/2020).


Pada penertiban kali ini yang menjadi pemimpin penertiban bukan lagi Bawaslu, melainkan KPU karena penertiban dilakukan telah memasuki masa tenang, selain itu penertiban juga tidak hanya menyasar APK yang penempatannya dianggap melanggar aturan, namun juga menyasar semua APK yang masih terpasang.


Kasman juga mengatakan, personel yang bakal turun lebih banyak dari sebelumnya karena lebih lengkap terdiri dari unsur Bawaslu dan KPU, unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan DLH. Serta perwakilan Bawaslu RI juga turut terlibat dalam penertiban kali ini untuk ikut serta memantau pada saat penertiban di daerah.


Mengenai penindakan lanjutan bagi yang kedapatan APK yang masih terpasang pada masa tenang ini, akan menjadi kewenangan Bawaslu karena Bawaslu Kota Banjarmasin juga turut andil dalam penertiban. Pada umumnya, Paslon bakal dikenakan sanksi administratif.


"Kami berharap jangan sampai ada yang tersisa, kalau memang sudah waktunya diturunkan, ya turunkan lah. Mari kita sama-sama menjaga kemanan dan ketertiban Pilkada di Banjarmasin," tuturnya.


Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner Pemilihan Umum Kota Banjarmasin Muhammad Taufiqurrakhman, ia berharap APK-APK itu sudah ditertibkan sendiri oleh masing-masing tim pasangan calon. Mengingat mereka sudah diingatkan jauh-jauh hari.


"Sebelumnya kami juga telah mengirimkan surat ke Paslon agar mereka menurunkan apk-nya sebelum masa tenang paling lambat tanggal 5 Desember pukul 00:00," ujarnya.


Lanjutnya, apabila telah memasuki masa tenang masih menemukan ada yang belum diturunkan, maka pihaknya bersama tim penertiban bakal menurunkan semua APK tersebut.


Mengenai mekanisme penertiban telah d

merujuk kepada PKPU 11 tentang kampanye pasal 31 menyatakan bahwa KPU berkoordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten dan Bawaslu dalam rangka menertibkan APK tiga hari menjelang pemungutan suara.


"Sabtu malam nanti pukul 23.00 kita mulai persiapan melaksanakan apel, setelah apel ada arahan dari Plt Walikota, juga dari komisioner Bawaslu RI. Setelah itu, kami membagi lima tim yang bergerak di lima kecamatan untuk memastikan apakah nanti masih ada APK yang terpasang," terangnya.


(Hamdiah)

12 tampilan0 komentar