Agar Pelaksanaan PSU Berjalan Lancar, Sekolah di Wilayah Banjarmasin Selatan Diliburkan

terasbanua.com, Banjarmasin - Sekolah-sekolah di wilayah Banjarmasin Selatan akan diliburkan serentak besok, Rabu (9/6/2021). Mengingat bertepatan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan.

"Kita mengikuti arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA. Kalau instruksinya libur di wilayah PSU maka kita liburkan," ucap Totok Agus Daryanto, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (8/6/2021) siang.


Walaupun sekolah tengah mengelar penilaian akhir semester secara tatap muka terbatas pada siswa. Namun terpaksa diliburkan sehari untuk sekolah yang berada di wilayah PSU tersebut guna pelaksanan PSU Pilgub Kalsel berjalan lancar.


Meskipun telah diperbolehkan libur, Totok mengaku ada sebagian sekolah yang menginginkan agar sekolah tidak diliburkan dengan menerapkan sistem shift agar proses penilaian akhir semester tetap berjalan.


"Kalau mereka menyanggupi seperti itu kita persilahkan saja. Karena tidak semua guru yang mengajar di sekolah wilayah Banjarmasin Selatan juga berdomisili di daerah tersebut," imbuhnya.


Totok juga memastikan, kebijakan ini tidak berpengaruh dengan pelaksanaan ulangan semester genap. Pasalnya penilaian akhir semester akan kembali dilanjutkan keesokan harinya.


"Kita tidak tahu jelas berapa jumlah sekolah yang ada disana. Yang pasti banyak. Liburnya cuman sehari itu saja, keesokannya kembali dilanjutkan," pungkasnya.


Sementara itu secara terpisah, Kepala Sekolah SMPN 20 Banjarmasin, Norhadiana mengaku mengikuti kebijakan yang dikeluarkan terkait libur tersebut. Ia juga telah mengumumkan libur sekolah kepada para siswa untuk besok.


"Kita mengikuti kebijakan itu. Karena guru-guru di tempat kami juga berdomisili di wilayah Banjarmasin Selatan. Daripada gurunya datang dan terburu-buru jadi kita liburkan sehari," ujarnya, saat dihubungi melalui sambungan telepon.


Untuk ulangan semester yang terpaksa libur di hari Rabu besok,.maka diganti jadwal baru menjadi hari Sabtu mendatang.


"Yang ditunda itu untuk mata pelajaran Matematika. Disini ada 208 siswa kelas VII dan 105 kelas VII yang ikut ulangan secara tatap muka terbatas," akhirnya.


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar