Adanya Potensi Banjir Rob di Wilayah Pesisir Kalsel, Ibnu : Kita Sudah Antisipasi Dari Awal

terasbanua.com, Banjarmasin - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim memperingatkan adannya potensi banjir rob yang terjadi di beberapa wilayah pesisir di Indonesia salah satunya provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).



Diketahui potensi banjir rob tersebut bersamaan dengan adanya fenomena super full moon atau fase bulan purnama bertepatan fase pasang air laut tertinggi pada 14 Juni mendatang yang menyebabkan potensi terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.


Adanya prediksi itu, terutama di Kota Banjarmasin telah melakukan berbagai antisipasi dalam menghadapi musibah banjir rob ini setiap saat.


Mengingat banjir rob ini sudah sering terjadi di kota berjuluk Seribu Sungai yang memang sudah menjadi langganan setiap tahunnya.


Kendati demikian, berbagai antisipasi mulai memperhatikan drainase agar tidak tersumbat sampah, normalisasi sungai dan lainnya sudah semaksimal mungkin dilakukan sejak awal dan sudah menjadi perhatian serius yang dihadapi Pemko Banjarmasin.


"Makanya kami ingin pastikan bahwa saluran-saluran ke arah sungai atau drainase itu berfungsi dengan baik," ungkap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Minggu (12/6/2022).


Di samping itu, pihaknya juga telah mempersiapkan tim dari dinas terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin dan lainnya untuk terus siap siaga.


Jika memang nantinya diperlukan untuk mengevakuasi warga atau hal buruk lainnya terjadi karena musibah banjir rob tersebut.


"Mereka stay by 24 jam di posko," ujarnya.


Orang nomor satu di kota Banjarmasin ini juga menghimbau kepada warga untuk terus waspada akan banjir rob. Apalagi saat kondisi seperti itu banyak hewan liar masuk ke rumah.


"Terus waspada dan berhati-hati," tutupnya.


Hamdiah

4 tampilan0 komentar