Ada Versi Instrumen Virtual, Gamelan Banjar Kini Bisa Diakses Semua Kalangan


TERAS BANUA, BANJARMASIN - Produser musik yang juga frontliner grup JEF, Jefry Albari Tribowo, bersama Kamar Studios, baru-baru tadi merilis virtual instrumen (VST) yang dinamainya Gamelan Banjar. Sesuai nama dan konsepnya, karya ini digarap oleh mereka untuk pelestarian alat musik tradisional lewat bantuan teknologi.


Jefry menceritakan, proses pembuatan instrumen virtual ini bermula saat dia kesulitan menggarap lagu daerah yang memerlukan peralatan musik Gamelan Banjar.


"Selama ini banyak orang jika ingin menggunakan instrumen tersebut harus mencari alat dan pemainnya. Alhasil agar mempermudah saya dalam bekerja, saya coba buatlah softwarenya sejak tahun 2016. Awalnya memang digunakan saya pribadi saja karena software awal belum sempurna," tuturnya.


Dalam garapan ini, ia menggandeng dua temannya, yakni Bagus Shidqi (Kamar Studios) dan Rezky Irfansyah yang juga tengah tertarik dengan pembuatan dan penelitian software musik.


"Pembuatan software digital instrument daerah itu sangat penting dalam melestarikan budaya, dan mempermudah para seniman lainnya yg ingin berkreasi menggunakan alat musik tersebut," ujar Jefry.


Ia pun mengakui selama ini banyak seniman yang ingin membuat musik tari atau lagu daerah, tapi kesulitan mencari instrumennya.


"Dengan adanya software diharapkan bisa membantu mempermudah," tandas Jefry.


Adapun link download VST Gamelan Banjar bisa diakses melalui tautan http://bit.ly/vstgamelanbanjar


(Ri)

11 tampilan0 komentar