• Krisna

Ada Kendala, Penetapan Rekapitulasi di Tingkat Kecamatan Tertunda

terasbanua.com, Banjarmasin - Setelah selesai dilakukan perhitungan surat suara di tingkat Kecamatan Banjarmasin Selatan selama 2 hari dalam pemungutan suara ulang (PSU) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali (Pilwali) Kota Banjarmasin. Panitia pemilihan kecamatan (PPK) mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan PSU, di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jumat (30/4/2021) malam.

Suasana rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi hasil ditingkat yang sempat berjalan hingga diputuskan kembali ditunda.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, turut dihadiri perwakilan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, dan saksi dari masing-masing dari paslon.


Disepanjang rapat pleno terbuka berlangsung, ada terjadi beberapa kendala. Baik itu perbedaan data daftar pemilih tetap (DPT) di dua tempat pemungutan suara (TPS) dan permasalahan nonteknis yakni aplikasi sirekap mengalami kemancetan hingga rapat pleno yang digelar terpaksa ditunda dan dilanjutkan pada pukul 11.00 Wita Sabtu (1/5/2021).


"Sebenarnya proses rekapitulasi sudah selesai. Namun terkendala pleno penetapan. Karena kita memakai aplikasi sirekap, jadi ada yang salah input atau perbaikan. Persoalannya, perbaikan memerlukan akses dari pusat. Ini sudah pukul setengah 1 dinihari, dari pihak KPU RI yang menangani sirekap belum bisa memberikan akses," kata Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU kota Banjarmasin, M Syafrudin Akbar, Jumat (30/4/2021) malam.


Terhambatnya pleno di tingkat Kecamatan tentu membuat KPU Kota Banjarmasin terpaksa kembali menyusun ulang tahapan rekapitulasi.


Jika sebelumnya rekapitulasi tingkat Kecamatan dijadwal selama dua hari terhitung tanggal 29 dan 30 April 2021, maka diputuskan untuk menambah satu hari lagi, yakni sampai tanggal 1 Mei 2021.


"Untuk rekapitulasi di tingkat kota otomatis juga berubah. Sebelumnya tanggal 1 hingga 3 Mei, menjadi tanggal 2 sampai 3 Mei 2021. Jadi masih ada waktu untuk melaksanakan pleno di tingkat kota," tandasnya.


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar