• Krisna

9 Tuntutan Mahasiswa Dalam Aksi Di Depan Gedung DPRD Kalsel Hari Ini

terasbanua.com, Banjarmasin - Mahasiswa dari berbagai Universitas di Kalimantan Selatan yang tergabung dalam Fraksi Rakyat Indonesia (FRI) mendatangi gedung DPRD Kalsel untuk menuntut mengenai penanganan Covid 19 yang justru malah semakin meningkat. Senin (30/8/2021).

Tidak seperti dalam aksi sebelumnya, kini Ketua DPRD Kalsel Supian HK datang menemui mahasiswa dalam aksi tersebut.


Kini Zikri Nur Abadi selaku koordinator aksi tersebut sedang menyampaikan 9 tuntutan mereka dalam aksi tersebut. Berikut tuntutannya:


1. Menuntut pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi gratis secara merata untuk masyarakat dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.


2. Menuntut pemerintah menjamin pembiayaan kesehatan untuk masyarakat seperti tes diagnosa Covid-19, pemberian suplemen kesehatan pasca vaksin, memberikan jaminan rehabilitasi secara utuh; mulai dari pemenuhan kebutuhan makan, ekonomi dan kebutuhan medis pasca vaksin bagi rakyat, khususnya kelompok rakyat rentan, seperti, buruh, nelayan, pedagang kaki lima dan lain-lain, dan jaminan biaya pengobatan pasien Covid-19, termasuk pasien yang melakukan isolasi mandiri.


3. Menuntut Pemerintah menjamin pemenuhan hak-hak dasar rakyat selama pandemi Covid-19 melanda sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2018


4. Menuntut pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah sebagaimana amanat UU No 6 Tahun 2018.


5. Menuntut pemerintah menjamin pemberian pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang  berkeadilan dan berperikemanusiaan selama pandemi Covid-19.


6. Menuntut pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan yang progresif dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19.


7. Menuntut pemerintah meningkatankan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan, terutama dalam menunjang upaya percepatan penanggulangan pandemi Covid-19.


8. Menuntut pemerintah untuk memperjelas dan menjamin pengelolaan limbah penanganan Covid-19.


9. Menuntut pemerintah meningkatkan jaminan ketersediaan alat kesehatan, farmasi, dan makanan untuk penanggulangan pandemi Covid-19.


(Krisna)

94 tampilan0 komentar