80 Persen Capaian Vaksinasi Guru Jadi Syarat, Puluhan SD Terpaksa Menunda PTM

terasbanua.com, Banjarmasin - Meski Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas diperbolehkan pelaksanaannya saat PPKM level 4 di Banjarmasin.

Suasana PTM di SDN Pangambangan 5 Banjarmasin (dokumentasi). Foto. Istimewa.

Nyatanya tidak membuat semua sekolah yang bisa melaksanakan PTM terbatas di sekolah. Khususnya untuk jenjang SD di Banjarmasin.


Kepala Bidang Bina SD Dinas Pendidikan Banjarmasin, Nuryadi mengungkapkan bahwa sekolah-sekolah yang tidak melaksanakan PTM adalah sekolah yang masih belum memenuhi capaian vaksinasi guru di sekolah.


Sebagaimana yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin mengenai ketentuan-ketentuan yang harus dipenuhi sekolah yang melaksanakan PTM. Salah satunya vaksinasi guru di sekolah harus mencapai 80 persen.


Nuryadi menilai hampir SD negeri maupun swasta belum memenuhi persyaratan vaksinasi tersebut. Sehingga terpaksa menunda dulu hingga syarat itu terpenuhi.


"Nah penekanan 80 persen itu yang menjadi pertimbangan sekolah untuk melaksanakan PTM. Kita tidak bertanggung jawab apabila ada sekolah yang memaksa PTM hingga terjadinya calster baru," ucapnya melalui sambungan telpon, Rabu (22/9/2021).


Dari data yang ada, SD yang melaksanakan PTM saat ini ada sebanyak 166. Dengan total SD negeri maupun swasta di Banjarmasin berjumlah 259 sekolah.


"Sisanya itu masih belum bisa melaksanakan PTM dulu," ujarnya.


Mengingat masih banyak SD yang belum bisa melaksanakan PTM, Nuryadi pun meminta kepada guru yang belum bervaksin untuk segeranya bervaksin secara mandiri di puskemas. Agar persyaratan capaian vaksinasi guru terpenuhi.


Diketahui, sebelumnya sekolah telah melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) tatap muka sejak tanggal 15 Oktober lalu untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan untuk jenjang SD PTS mulai dilaksanakan hari ini, Rabu (22/9/2021).


(Hamdiah)

0 tampilan0 komentar