• Krisna

500 Personel Gabungan Siap Jaga PSU Pilgub Kalsel Dan PHPU Wali Kota Banjarmasin

terasbanua.com, Banjarmasin - Mahkamah Konsitusi (MK) RI telah resmi membacakan hasil putusan sengketa pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan 2020 pada Jumat (19/3/2021).

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan. Foto: Krisna.
Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan. Foto: Krisna.

Hasil putusan tersebut adalah mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian, dengan melakukan pemungutan suara ulang (PSU) beberapa daerah yang dianggap ada penggelembungan suara.


Daerah yang akan diadakan PSU antara lain Kabupaten Banjar yang terdiri dari 5 Kecamatan, di 24 TPS di Kecamatan Binuang, Tapin dan salah satunya di ibu kota Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin yakni di Banjarmasin Selatan.


Mengetahui wilayah hukumnya menjadi salah satu daerah dimana diselenggarakannya PSU, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan menjelaskan Banjarmasin Selatan merupakan kecamatan yang memiliki jumlah pemilih terbanyak jika dibandingkan 4 kecamatan lainnya yang ada di Kota Banjarmasin dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 107.782 orang, yang terdiri atas laki-laki sebanyak 53.308 orang dan 54.474 orang perempuan. 


Untuk menjaga kondusifitas Kota Banjarmasin saat PSU Pilgub Kalsel, sebanyak 500 personel gabungan akan diturunkan untuk mengamankan jalannya PSU dan akan ada pengamanan khusus untuk Banjarmasin Selatan.


"Nantinya akan diturunkan personel gabungan dari TNI-Polri dan juga Satpol PP sebanyak kurang lebih 500 personel untuk melakukan pengamanan PSU," ucap Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Sabtu (20/3/2021).


"Kita akan memantau di titik-titik tempat berkumpulnya tim sukses maupun simpatisan dan untuk di Banjarmasin Selatan juga akan ada pengamanan khusus," tambahnya.


Selain itu, mengantisipasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI untuk Pilwali 2020 pada Senin (22/3/2021) besok, Kapolresta Banjarmasin mengimbau masyarakat agar tetap menjaga agar tetap kondusif, tidak merayakan secara berlebihan mengingat masih dimasa pandemi dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


"Kita akan standbykan BKO untuk senin nanti dan mengimbau kepada para simpatisan untuk tetap menjaga protokol kesehatan baik saat menonton bersama putusan MK maupun dalam merayakan kemenangan pasangan calon yang didukungnya," imbau Kapolresta Putra Banua tersebut.


Meski begitu, diungkapkan oleh perwira menengah tersebut bahwa untuk kondisi di Kota Banjarmasin sendiri dari keputusan MK kemarin sampai sekarang masih cukup kondusif dan aman.



(Krisna)

1 tampilan0 komentar