44 Guru Penggerak Dikukuhkan, 3 Antaranya Langsung Mengisi Jabatan Kepala Sekolah Tingkat SD

terasbanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 44 guru penggerak dikukuhkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Jumat (4/3/2022).



44 guru penggerak yang dikukuhkan terdiri dari guru tingkatan Paud, SD, SMP dan SMA baik itu negeri maupun swasta.


Ikhsan berharap dengan dikukuhkan guru penggerak ini bisa menjadi guru pemimpin pembelajaran bagi guru lainnya di sekolah.


"Ini menjadi semacam guru model yang sudah dibekali beberapa materi selama 9 bulan pendidikan dan ini ditularkan kepada guru-guru lainnya bagaimana melaksanakan program merdeka belajar," ucapnya seusai mengukuhkan.


Ikhsan menjelaskan bahwa guru penggerak sendiri merupakan program pemerintah yakni merdeka belajar yang mana tidak hanya guru penggerak saja yang dimunculkan tapi juga ada sekolah penggerak.


Adapun sekolah penggerak sendiri berfokus pada pengembangan kreativitas, inovasi dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah pada siswa.


Sementara itu, Plt Kepala Sekolah Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Nuryadi menambahkan bahwa di tahun 2023 nanti guru yang mengikuti program guru penggerak ini secara otomatis bisa dijadikan kepala sekolah.


"Sesuai dengan Permendikbud Nomor 40 Tahun 2021. Jadi artinya Kabupaten/Kota tidak ada penyeleksian kepala sekolah tapi penyeleksiannya melalui guru penggerak ini," terangnya.


Dalam artian guru penggerak ini sudah menguasai semua pembelajaran, mengingat telah mengikuti pelatihan selama 9 bulan.


Tentunya ia berharap guru penggerak ini bisa membagikan ilmu yang telah di dapat kepada guru-guru lainnya.


"Mereka ini juga akan jadi tenaga pendidik oleh guru-guru penggerak yang akan datang. Artinya mereka harus mengembangkan ilmu yang mereka dapat," jelasnya.


Selain itu, ia membeberkan bahwa dari 44 guru penggerak yang telah dikukuhkan tersebut, 3 diantara langsung mengisi kekosongan jabatan kepala sekolah tingkat SD.


"Salah satunya kepala sekolah SD Kelayan," bebernya.


Adapun 44 guru penggerak yang telah dikukuhkan terdiri dari 6 guru penggerak TK, 13 guru penggerak SD, dan 18 guru penggerak SMP.


"Tadi ada juga titipan 7 dari SMA yang ada di Banjarmasin. Jadi ada 44 guru penggerak angkatan kedua," tutupnya


(Hamdiah)

5 tampilan0 komentar