• Krisna

20 Rumah di Pemukiman Padat Hangus, Api Berasal Dari Rumah Yang Ditinggal Penghuninya

terasbanua.com, Banjarmasin - Kebakaran melanda permukiman padat penduduk di Jalan Ir Pangeran Muhammad Noor Gang 4 & Gang Turis RT 30 RW 02, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Minggu (28/2/2021) dini hari.

Kondisi pasca kebakaran di Pelambuan. Foto: Istimewa.

Ketua RW 02 Rahman mengatakan penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui, namun diduga api berasal dari rumah yang dihuni dua anak muda dan diketahui saat itu rumah sedang dalam keadaan kosong.


"Diduga api berasal dari rumah dihuni anak muda dan saat kejadian dalam keadaan kosong," ucap Rahman.


Ia juga mengungkapkan setelah kebakaran terjadi, kakak beradik tersebut sempat berkelahi karena saling menyalahkan.


"Mungkin karena terkejut juga dengan musibah, mereka saling menyalahkan, sempat dilerai juga sama warga," tuturnya.


Sementara itu, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Budian Noor menjelaskan musibah kebakaran tersebut menghanguskan sebanyak 20 Buah Rumah dan 1 bedakan 5 pintu mengalami rusak total 100 persen, dengan data terdampak 23 KK 79 Jiwa.


Api pertama kali terlihat sekitar pukul 00.19 Wita. Mengetahui kejadian tersebut warga sekitar langsung berupaya melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.


Budian Noor menjelaskan dalam proses pemadaman sempat mengalami kendala, karena akses masuk kedalam gang sempit dan bangunan yang rata rata terbuat dari kayu berdempetan, membuat api cepat menjalar ke bangunan lain yang ada di sana.


"Setelah hampir 2 jam pemadam kebakaran dibantu warga sekitar berjuang melawan api, akhirnya pada pukul 02.00 Wita api akhirnya berhasil dipadamkan," terangnya.


Ia juga mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan musibah kebakaran dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah selanjutnya.


(Krisna)

0 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua