18 Puskesmas di Banjarmasin Mulai Laksanakan Vaksinasi Booster Kedua Pada Nakes

terasbanua.com, Banjarmasin - Vaksinasi booster kedua atau vaksin dosis ke empat sudah mulai disalurkan pada Tenaga Kesehatan (Nakes) yang menjadi prioritas saat ini.



Terpantau di Puskesmas Cempaka yang berlokasi di Jalan Cempaka Besar, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.


Terlihat seluruh nakes yang bekerja di Puskesmas Cempaka tengah mengantri untuk mendapatkan booster kedua tersebut.


Kegiatan tersebut juga turut di tinjau langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, Senin (1/8/2022).


Tidak hanya meninjau saja, dirinya juga melakukan vaksinasi dosis ke empat tersebut. Tentunya hal ini bertujuan untuk menjadi role model dari semua nakes agar segeranya melakukan booster kedua.


"Kita harus memproteksi diri kita sesuai amanat Kementerian Kesehatan," ucapnya usai mendapat booster kedua dan meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Cempaka.


Ia mengungkapkan bahwa ada sekitar 6.500 nakes di Kota Banjarmasin yang akan menjadi target dalam vaksinasi booster kedua ini.


"Insya Allah semua dan mulai hari ini kita sudah melaksanakan sesuai surat edaran Kemenkes di masing-masing Puskesmas," terangnya.


Ia mengatakan bahwa pelaksanaan booster kedua pada nakes ini akan terus dilaksanakan hingga semua selesai.


Sembari menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) selanjutnya dari Kemenkes untuk kelompok rentan lainnya yang menjadi sasaran nantinya.


Adapun untuk jenis vaksin dalam booster kedua ini tidak hanya mengunakan vaksin jenis moderna saja. Tapi juga vaksin jenis Pzifer dan Sinovac.


"Kalau moderna itu disuntikan hanya setengah dosis tapi kalau Pfizer dan Sinovac itu penuh dengan jarak enam bulan dari booster pertama," ujarnya.


Pelaksanaan booster kedua ini juga akan terus pihaknya evaluasi untuk mengetahui dengan pasti sudah berapa nakes yang melakukan booster kedua.


"Tergantung kesiapan mereka, kalau sedang sakit jelas tidak bisa booster jadi kondisi harus fit," katanya.


Adapun untuk ketersediaan vaksin booster kedua saat ini hanya cukup pada nakes yang bekerja di 18 Puskesmas yang ada di Kota Banjarmasin.


Secara terpisah, Kepala Puskesmas Cempaka, Muhammad Fuadi mengatakan bahwa dalam pelaksanaan booster kedua pihaknya menyediakan 28 dosis dari jenis vaksin moderna.


"Ini untuk nakes kita dan kawan-kawan nakes sekitar," katanya.


Ia mengungkapkan bahwa seluruh nakes yang bekerja di Puskesmas Cempaka setuju dengan adanya aturan wajib booster kedua yang mana booster pertama juga telah dilakukan sejak lama para nakes.


Pelaksanaan booster kedua ini pun lanjutnya, dilakukan secara bertahap. Pasalnya, ada beberapa nakes yang kondisinya sakit sehingga tidak bisa divaksin.


"Setelah sembuh baru divaksin," tutupnya.



Hamdiah

5 tampilan0 komentar