15 SMP Berbasis Adiwiyata Melakukan Pembinaan Di Tingkat Provinsi

terasbanua.com, Banjarmasin - Sejumlah sekolah tingkat SMP di Banjarmasin melakukan pembinaan calon sekolah Adiwiyata di tingkat provinsi tahun 2021.

Foto. Istimewa

Sekitar 15 sekolah yang terpilih dan mengikuti pembinaan dan bimbingan secara teknis yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjarmasin pada Selasa (25/5/2021).


Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Banjarmasin, Mukhyar menjelaskan bahwa dari ke 15 sekolah tersebut merupakan sekolah percontohan yang menerapkan sistem adiwiyata untuk mewakili Banjarmasin ke tingkat provinsi.


"Ada pergelaran bimbingan teknis. Ini akan terus dilakukan secara bertahap, agar benar benar mendapatkan pembinaan," jelasnya.


Pembinaan tersebut dilakukan guna memberikan pemahaman terhadap sekolah yang terpilih sebagai calon sekolah Adiwiyata nantinya.


Pasalnya dalam penentuan sekolah Adiwiyata tingkat provinsi ada beberapa klasifikasi yang harus diterapkan.


"Terkhusus sekolah harus berbasis lingkungan," ujarnya.


Contohnya seperti menjaga kebersihan lingkungan sekolah sekitar. Salah satunya menganti pengunaan alat makanan maupun minuman di lingkungan sekolah yang berbahan plastik sekali pakai. Dimana gerakan penggunaan tumbler sebagai pengganti alat minum berbahan plastik juga terus digalakkan saat ini.


Dari hal-hal tersebut lah yang menjadi bahan mendasar dalam penilaian sekolah Adwiyata tingkat provinsi.


"Karena juga kan tidak menutup kemungkinan kita bisa mewakili provinsi ketingkat nasional," tuturnya.


Mukhyar berharap kepada sekolah yang telah mendapat predikat sekolah Adiwiyata bisa lebih ditingkatkan lagi agar bisa melaju hingga di tingkat nasional.


(Hamdiah)

1 tampilan0 komentar